News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Korupsi KTP Elektronik

Setya Novanto Sentuh Tangan Penyidik Senior KPK

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Terpidana kasus korupsi proyek KTP elektronik, Setya Novanto menuju pintu masuk lapas saat tiba di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Sukamiskin, Jalan AH Nasution, Kota Bandung, Jumat (4/5/2018). Mantan ketua DPR RI ini dipindahkan dari rumah tahanan KPK di Jakarta ke Lapas Kelas 1 Sukamiskin khusus terpidana kasus-kasus korupsi setelah memutuskan tidak mengajukan banding atas putusan hakim yang menjatuhkan hukuman 15 tahun penjara. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - ‎Penyidik KPK Riska Anungnata ‎mengungkap peristiwa yang terjadi sebelum penahanan Setya Novanto ketika hendak dipindahkan dari Rumah Sakit Medika Permata Hijau ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

Ini diawali dari pertanyaan jaksa penuntut umum yang menanyakan apakah ada upaya dari terdakwa Fredrich Yunadi yang dianggap penyidik menghalangi penyidikan?

Riska yang menjadi saksi bagi terdakwa Setya Novanto, Senin (7/5/2018) menjelaskan sebelum dipindahkan ke RSCM, sempat ada diskusi di kamar 323 ruang VIP, tempat Setya Novanto dirawat.

"Ketika itu disampaikan surat perintah penahanan, nah Pak Setya Novanto sedikit sadar. Di ruangan itu ada juga Pak Fredrich dan Bu Deisti (istri Setya Novanto). Dalam surat disampaikan penahanan mulai sekarang hingga 20 hari kedepan," ungkap Riska di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Baca: Bopong Setya Novanto, Penyidik KPK Pertanyaan Baju Ajudan Masih Bersih

Merespon surat itu, menurut Riska, Fredrich Yunadi langsung mengambil surat dan membaca dengan seksama.

Fredrich Yunadi berpendapat surat tersebut tidak sesuai ketentuan dan melanggar HAM.

"Terdakwa (Fredrich) bilang ke Bu Deisti, kita tolak saja. Lalu Pak Setya Novanto pegang tangan Pak Damanik, penyidik senior. Pak Setya Novanto meminta jangan ribut dan dia menyatakan ikut saja," beber Riska.

Setelah itu akhirnya Setya Novanto dipindahkan ke RSCM.‎

Sesampainya di RSCM, Setya Novanto langsung diarahkan ke UGD untuk dilakukan pemeriksaan oleh beberapa dokter.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini