News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Tim Pendaki Serbu Kopassus Dikerahkan Selamatkan Ratusan Pendaki yang Terjebak di Gunung Rinjani

Editor: Imanuel Nicolas Manafe
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pasukan Kopassus yang akan diberangkatkan ke Lombak untuk misi penyelamatan di Gunung Rinjani terliaht sedang tertib mengantre di landasan Lanud Halim Perdanakusuma, Makasar, Jakarta Timur, Senin (30/7/2018)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pasukan Komando Khusus (Kopassus) menerjunkan 142 pasukan pendaki serbu guna mengevakuasi sejumlah masyarakat dan turis asing yang masih terjebak di Gunung Rinjani akibat gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Perlu saya sampaikan Kodam 9 Udaya telah menyiapkan dua heli untuk keberangkatan pasukan serbu Kopassus ini," ucap Asisten Operasi Panglima TNI Mayjen TNI Ludewyk Pusung, Senin (30/7/2018).

Baca: Foto-foto Kondisi Pura Penataran Agung Rinjani Pasca Gempa Lombok

Pasukan ini nantinya akan diterjunakan bersama dengan pasukan raider 900 dari Kodam IX Udayana yang sebelumnya sudah diturunkan lebih dulu.

"Saya terjunkan pasukan khusus dari Kopassus untuk mempercepat proses evakuasi para korban," ujarnya kepada awak media di Lanud Halim Perdanakusuma, Makasar, Jakarta Timur.

Ia menambahkan, berdasar informasi terakhir yang diterima dari Asisten Operasi Kodam 9 Udaya diketahui, sebanyak 500 orang yang menjadi korban longsor di Gunung sudah mulai dievakuasi.

"Info terakhir dari asisten operasi Kodam 9 Udaya, ada 500 orang yang saat ini sudah mulai di evakuasi, sudah mulai dicarikan jalan alternatif turun dari Gunung Rinjani," kata dia.

Selain membawa 142 orang personel Kopassus, dua unit pesawat hercules yang digunakan juga mengangkut sejumlah bahan bantuan serta peralatan untuk mengevakuasi korban.

"Pasukan yang saya kirim ini tugasnya yang pertama untuk mendrop logistik, kemudian menggunakan semua peralatan yang ada untuk mengevakuasi masyarakat yang terjebak," ucap dia.

Baca: Ada 826 Orang Sedang Mendaki Rinjani Saat Gempa Terjadi di Lombok

Seperti diketahui, longsor terjadi di jalur pendakian Gunung Rinjani akibat gempa berkekuatan 6,4 skala richter yang mengguncang Lombak pada Minggu (29/7/2018) kemarin.

Akibat kejadian tersebut, ratusan pendaki baik dari dalam maupun luar negeri terjebak di Gunung Rinjani akibat jalur yang tertutup

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci

Berita ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul: Bantu Evakuasi Korban Longsor di Gunung Rinjani, Kopassus Terjunkan Tim Pendaki Serbu

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini