News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Gempa di Lombok

Saat Jokowi Dibonceng TGB Menuju ke Lokasi Pengungsian Korban Gempa di Lombok

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Joko Widodo bersama Gubernur NTB, Muhammad Zainul Madji atau Tuan Guru Bajang (TGB) saat meninjau rumah ibadah yang roboh di kawasan Lombok Utara akibat gempa

TRIBUNNEWS.COM, LOMBOK - Di posko pengungsian korban gempa yang terletak di Dusun Trengan, Kecamatan Pemenang Timur, Kabupaten Lombok Utara, Presiden Joko Widodo meninjau penanganan pengungsi sekaligus berdialog dengan warga.

Ketika meninjau ke Dusun Trengan ini, Presiden menggunakan sepeda motor dengan dibonceng Gubernur Nusa Tenggara Barat Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB).

Presiden Joko Widodo saat dibonceng Gubernur NTB, Muhammad Zainul Madji atau Tuan Guru Bajang (TGB) saat meninjau lokasi pengungsian korban bencana gempa di Lombok, Selasa (14/8/2018) (Biro Pers Setpres)

Berdasarkan siaran pers dan foto dari Biro Pers Istana Kepresidenan, nampak Jokowi dan Zainul Madji kompak mengenakan kemeja putih lengan panjang yang lengannya digulung hingga se-siku dan celana bahan berwarna hitam.

Terlihat, Jokowi duduk di jok belakang motor dengan kedua tangannya yang diletakkan di kedua lututnya.

Dagu orang yang maju kembali sebagai bakal calon presiden petahana itu nampak jaraknya sangat dekat dengan pundak Zainul Madji tengah mengemudikan motor Kawasaki D-Tracker milik TNI AD.

Presiden Joko Widodo saat dibonceng Gubernur NTB, Muhammad Zainul Madji atau Tuan Guru Bajang (TGB) saat meninjau lokasi pengungsian korban bencana gempa di Lombok, Selasa (14/8/2018) (Biro Pers Setpres)

Sementara, Zainul Madji nampak sangat serius ketika mengendari motor. Terlihat dari raut wajahnya yang memperlihatkan tatapan tajam ke depan saat mengemudi.

Dalam kunjungannya, Jokowi menyampaikan, pemerintah pusat akan turun tangan memberikan bantuan untuk perbaikan dan pembangunan kembali rumah warga yang roboh karena gempa.

Baca: Tinjau Korban Gempa Lombok, Joko Widodo Akan Beri Bantuan Rp 50 Juta untuk Perbaikan Rumah

Saat berdialog itu, seorang anak sekolah memberanikan diri untuk bertanya kepada Presiden Joko Widodo.

"Saya perwakilan dari siswa sekolah ingin menanyakan sekolah yang saat ini hancur. Sementara kami akan mendekati ujian nasional. Bagaimana cara kami agar kami bisa mengikutinya dengan baik?" tanya seorang anak.

Mendengar hal itu, Kepala Negara berupaya menguatkan hati para anak sekolah yang berada di pengungsian. Dirinya mengajak mereka untuk tetap bersemangat serta menunggu pembangunan kembali sekolah-sekolah mereka yang rusak akibat gempa.

"Anak-anakku semua, ini adalah sesuatu yang tidak kita duga. Kita harus menerima ini dengan tawakal. Kita harus bersemangat lagi. Sekolah akan segera dibangun dalam dua minggu ini," kata Presiden.

Adapun untuk pelaksanaan ujian yang dikhawatirkan oleh anak tersebut, Kepala Negara memastikan bahwa hal itu akan menjadi perhatian khusus bagi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Baca: Jokowi: Pembangunan Rumah di Lombok Harus yang Tahan Gempa

Hal yang sama sebelumnya juga pernah terjadi di beberapa daerah lain di Indonesia di mana pihak terkait memfasilitasi anak-anak sekolah untuk dapat mengikuti ujian dengan baik.

"Saya kira tidak akan menyulitkan anak-anak, semua akan dipermudah. Ini di Banjarnegara pernah kejadian, di Aceh, Pidie, pernah kejadian. Jadi saya mengalami dan melihat seperti ini persiapannya kurang lebih sama, penanganannya juga sama," tuturnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini