News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Tips Sehat dan Bugar ala Jokowi, Rajin Olahraga dan Jangan Lupa Tunaikan Ibadah Salat

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Rachmat Hidayat
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Foto Ibu Iriana saat membetulkan kancing baju suami tercinta, Preside Jokowi.

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-Memiliki aktivitas yang padat sebagai seorang kepala negara, membuat Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) harus pandai menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya agar bisa menjalani tugasnya itu.

Namun apa rahasia sehat yang selama ini selalu diterapkan Jokowi dalam kesehariannya untuk bisa selalu menjalankan tugas sebagai Presiden sekaligus meggeluti hobinya.

Seperti blusukan meninjau banyak daerah di Indonesia dan melakukan hobinya yakni bermain bola dan 'Ngevlog'.

Dalam program '30 Menit Bersama Presiden' di Istana Bogor, Jawa Barat, yang tayang di salah satu televisi swasta pada Minggu malam (7/10/2018) lalu, ayah dari Vlogger sekaligus Youtuber Kaesang Pangarep itu membocorkan rahasia bugarnya.

Ia sempat berkelakar jika dirinya memberitahu rahasia tersebut, maka semua orang akan mengikuti gaya hidup sehat ala dirinya.

Menurutnya, olahraga secara rutin yang ia lakukan selama dua kali tiap minggu, dinilai cukup untuk menguatkan fisiknya agar bisa menjalani padatnya aktivitas seorang Presiden.

"Nanti kalau saya beri rahasianya, nanti semua orang ikut (gaya hidup seperti saya), ya saya ini bekerja tanpa beban kemudian juga olahraga terus, rutin, meskipun hanya seminggu dua kali," ujar Jokowi sambil sesekali tertawa.

Selain itu, berpikir positif adalah cara lain dalam menjaga kesehatan tubuhnya, karena pikiran yang sehat tentu akan memberikan stimulus positif bagi tubuhnya.

Ia juga tidak melupakan salah satu komponen penting dalam serangkaian tahapan kebugarannya itu, yakni berserah diri kepada Allah SWT.

Jokowi menganggap, berolahraga rutin dan selalu berpikiran positif tidak lengkap jika dirinya tidak berserah diri kepada Tuhan.

"Buat saya, selalu berpikir positif, positive thinking ini penting sekali, kemudian ya berserah diri kepada Allah," kata Jokowi.

Lebih lanjut ia menegaskan bahwa sebagai seorang Presiden yang memimpin negara yang memiliki populasi penduduk salah satu terbanyak di dunia, tentunya ia pasti akan menghadapi banyak persoalan besar dari beragam sektor.

Oleh karena itu, berserah diri dan pasrah kepada Allah SWT dan menunaikan kewajibannya untuk salat lima waktu dan menjalankan perintah agama, merupakan hal yang menjadi fondasi bagi dirinya.

Tips sehat dan bugar Jokowi ini membuktikan dirinya tidak hanya ingin sehat secara jasmani namun juga rohani, dalam memimpin Indonesia sebagai negara berkembang yang tengah berupaya untuk maju.

"Setiap persoalan besar, sebesar apapunn selalu saya berserah diri dan salatnya jangan lupa," tegas Jokowi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini