News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Bocah Tunanetra Penghafal Al Quran dari Dusun Palapi Sulbar Senang Bertemu Wapres JK

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wapres JK bertemu Fahrul Amin (12) dan keluarga, kediaman dinas Wakil Presiden, Jusuf Kalla, di jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Minggu (10/2/2019).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Senyum adalah hal pertama yang dilakukan oleh Fahrul Amin (12), anak laki-laki berkebutuhan khusus usai keluar dari kediaman dinas Wakil Presiden, Jusuf Kalla, di jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Minggu (10/2/2019).

Fahrul sapaan sehari-harinya, baru saja bertemu dengan Jusuf Kalla.

Dia dan keluarga datang dari Dusun Palapi Kabupaten Mamuju Tengah - Sulawesi Barat.

Sebelumnya, nama Fahrul Amin menjadi viral dan ramai dibicarakan di media sosial, saat kemampuan menghafal Al Quran 30 juz itu, diunggah oleh tetangganya Ariadman Arhy.

Sejak pertama berada di rumah JK, Fahrul yang ditemani ayah dan ibunya, sudah melantunkan ayat-ayat Al-quran sambil menunggu kehadiran wapres di ruang tamu.

Baca: Bantah Prabowo, Wapres Kalla Nilai Tak Benar Anggaran Bocor Sampai 25 Persen

Fahrul yang tak dapat melihat atau Tuna Netra ini pun lalu mencium tangan JK dan Mufidah Jusuf Kalla.

JK pun sempat meminta Fahrul menunjukan kemampuan menghafalnya Al-quran di depan dirinya dan keluarga. Hadir saat itu cucu dan sepupu.

Fahrul melantunkan surat seperti An-Nabba, Ar-Rahman, dan Yasin.

Baca: Luna Maya Foto Bareng Pevita Pearce, Herjunot Ali Beberkan Fakta Sebenarnya dan Singgung Ariel Noah

Meski tak membaca secara keseluruhan, Fahrul berhasil membacanya dengan lancar.

Berbincangan pun berlanjut sekitar 30 menit.

JK terkesan dengan kemampuan Fahrul, yang hobi mendengarkan lantunan Al-quran lewat ponsel sang ayah, lalu dapat menghafalnya.

"Secara ilmiah kan tidak bisa dijelaskan gimana anak yang hanya mendengar bisa hafal 30 juz hanya dalam 1 tahun lebih, hanya mendengar, bukan bahasanya, bahasa arab, kalau bahasa sendiri lebih mudah, tau artinya," ujar JK.

Sementara, Fahrul mengaku senang bertemu Wapres dan akan terus belajar membaca Al-quran.

"Iya senang, diberi nasehat terus belajar," katanya.

Ayah Fahrul, Muhammad Amin (48), mengatakan, sang anak memang memiliki hobi mendengarkan Al-quran lewat MP3 miliknya dan belajar secara autotidak tanpa guru mendamping.

"Iya sehari-hari dia sukanya mendengarkan itu (MP3 Al Quran), tiap hari," kata Amin yang ditemui dikesempatan yang sama.

Berkat kemampuannya itu, Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) atau Menpan-RB, Syafruddin, memberikan hadiah untuk memberangkatkan Fahrul dan keluarga umroh ke tanah suci.

"Mau diberangkatkan dari Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia," ujar Asika, paman yang ikut mendampingi keluarga Fahrul bertemu dengan JK. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini