News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Mudik Lebaran 2019

Dirjen Perhubungan Darat Minta Peran Masyarakat untuk Sukseskan Mudik Lebaran

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi meminta peran aktif masyarakat untuk mensukseskan mudik Lebaran 2019, 

Dia yakin dengan partisipasi aktif semua pihak, program mudik Lebaran 2019 akan berlangsung aman, lancar, dan tertib.

"Penekanan kita yang berikutnya adalah kita ingin kerja sama dan peran serta masyarakat untuk mewujudkan mudik yang aman, selamat," ujar Budi di acara diskusi 'Kesiapan Pengamanan Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran 1440 H' di , Jakarta, Senin (27/5/2019).

Budi menjelaskan, peran serta masyarakat dalam mensukseskan mudik dapat dilakukan dengan menyiapkan rute perjalanan jauh-jauh hari.

Antara lain memilih jalan tol, hingga pintu keluar tol yang akan dipilih. Selain itu, masyarakat juga diminta menyiapkan pintu keluar alternatif ketika penumpukan terjadi. 

Baca: KPK Operasi Tangkap Tangan Pejabat Imigrasi NTB, Ditangkap Dinihari Terkait Suap Izin Tinggal WNA

"Kalau exit-nya terjadi penumpukan atau kemudian ada antrian, keluarlah pada exit berikutnya, artinya sudah cukup banyak exit tol yang ada dari Jakarta sampai dengan Surabaya," kata dia. 

Baca: Lewat Sebuah Rekaman Video, SBY Berujar: Akibat Bertemu Jokowi, AHY, Saya dan Demokrat Diserang

Budi juga mengingatkan agar pemudik membuat banyak persiapan mengingat banyaknya jalan tol baru yang akan dioperasikan pada Lebaran kali ini.

Baca: Mabes Polri Sebut Pimpinan Lembaga Survei Jadi Target Pertama

Budi menilai kesuksesan pemerintah untuk melancarkan jalur mudik dan mengurai kemacetan tak akan berhasil tanpa peran serta masyarakat.

"Saya kira suksesnya terhadap angkutan Lebaran kali ini yang aman, nyaman, selamat, kemudian ada juga happy-nya tadi adalah selain dari pemerintah melakukan beberapa kegiatan rekayasa kemudian me-manage dengan baik, adalah peran serta masyarakat," tandasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini