News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Sutopo Purwo Nugroho Meninggal

Kesaksian Petugas yang Angkat Peti Jenazah Sutopo: Enteng Banget, Sama Sekali Tak Berat

Editor: Malvyandie Haryadi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Jenazah Kepala Pusdatinmas BNPB Sutopo Purwo Nugroho saat tiba dikediamannya di Rafless Hills, Depok, Jawa Barat, Minggu (7/7/2019). Tribunnews/Jeprima

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dwi Putra Kesuma

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hari Minggu (7/7/2019) malam, Pukul 22.35 WIB, jenazah Sutopo Purwo Nugroho akhirnya tiba di kediamannya di Perumahan Raffles Hills Blok I6 No.15, Sukatani, Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat.

Setibanya di rumah duka, peti jenazah Sutopo pun langsung ditandu dari dalam ambulans oleh lebih dari delapan orang yang diantaranya adalah petugas BNPB.

Peti jenazah Sutopo, diletakkan di sebuah meja di depan kediamannya, untuk menjalani prosesi penyerahan dari Menteri Luar Negeri Retno Marsudi kepada Kepala BNPB Doni Monardo.

Afresia Jembar Brata satu dari sejumlah orang yang mengangkat peti jenaza Sutopo, mengatakan bahwa dirinya sama sekali tidak merasakan berat ketika menggotongnya dari dalam ambulans.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Letjen Doni Monardo saat melayat usai melakukan serah terima jenazah Sutopo dikediamannya di Rafless Hills, Depok, Jawa Barat, Minggu (7/7/2019). Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/JEPRIMA)

"Sama sekali gak berat, enteng banget itu peti jenazahnya," ujar Afresia pada TribunJakarta.com di kediaman almarhum Sutopo, Minggu (7/7/2019).

Baca: Strategi Kementan Atasi Kekeringan Kebumen

Baca: Selamat Jalan Sutopo, Begini Perjalanan Karirnya Sebelum Menjadi Humas BNPB

Baca: Amerika Ancam Beri Sanksi Tambahan kepada Iran

Baca: IHSG Dibuka Melemah 0,2 Persen di Level 6.360

Lanjut Afresia, dirinya yang juga merupakan petugas BNPB seperti merasakan kehilangan yang mendalam ketika mengangkat peti jenazah Sutopo.

"Kayak ada yang hilang pas ngangkatnya, beneran. Kayak gak nyangka peti jenazah yang saya angkat ini di dalamnya berisi pak Topo," ujar Afresia.

Terakhir, Afresia mengatakan sosok Sutopo baginya merupakan suri tauladan yang sangat baik semasa hidup hingga akhir hayatnya.

"Pastinya saya sendiri sangat merasa kehilangan, beliau merupakan suri tauladan yang sangat baik semasa hidup hingga akhir hayatnya," tandasnya.

Jenazah Sutopo Purwo tiba di Rumah Duka di Boyolali, Jawa Tengah, Senin (8/7/2019). TribunSolo.com/Reza Dwi Wijayanti (TribunSolo.com/Reza Dwi Wijayanti)

Perjalanan karier Sutopo

Sutopo Purwo Nugroho, Humas BNPB meninggal dunia saat tengah menjalani pengobatan kanker paru-paru di Guangzhou China pada Minggu dini hari (7/7/2019).

Sutopo akan dimakamkan hari ini, Senin, (8/7/2019) pukul 09.00 WIB di Boyolali, Jawa Tengah.

Dilansir Tribunstyle.com, berikut perjalanan karir Sutopo hingga ia menutup usia.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini