News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Seleksi Pimpinan KPK

Pegawai KPK Berharap 20 Kandidat Capim yang Lolos Berintegritas Tinggi Lawan Korupsi

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua Wadah Pegawai KPK Yudi Purnomo Harahap (kanan) memberikan keterangan pers tentang seleksi pimpinan KPK, di Gedung KPK, Jakarta, Senin (1/7/2019). Wadah Pegawai KPK membentuk Tim Pengawalan Seleksi Pimpinan KPK untuk mendorong hadirnya pimpinan KPK yang berintegritas dan independen. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel Capim KPK) telah mengumumkan 20 nama kandidat capim yang lolos ke tahap selanjutnya.

Merespons ke-20 nama tersebut, Wadah Pegawai (WP) KPK berharap tim Pansel Capim jilid V benar-benar memperhatikan segi integritas masing-masing calon pimpinan.

Salah satunya, seperti dikatakan Ketua WP KPK Yudi Purnomo, adalah 20 kandidat Capim KPK jilid V diharapkan memiliki reputasi mumpuni dan semangat melawan korupsi.

"Karena tantangan pemberantasan korupsi ke depan akan meningkat sesuai dengan ekseptasi masyarakat agar korupsi di bidang pangan, lingkungan, kesehatan, pendidikan, infrastruktur, dan bidang lainnya semakin menurun," kata Yudi kepada pewarta, Jumat (23/8/2019).

Baca: Sering Minum Es Teh Manis? Risiko Kesehatannya Tak Main-main

WP KPK, ujar Yudi, juga memandang 20 kandidat yang telah diumumkan sangat penting untuk melihat bagaimana nanti komposisi 10 nama capim yang akan ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Sehingga rakyat akan hidup dengan sejahtera dan Indonesia bebas dari korupsi," ujarnya.

Diketahui, 40 Capim KPK telah mengikuti uji profile assestment atau seleksi tahap 4 yang digelar di Gedung Lemhanas pada 8-9 Agustus 2019.

Kemudian, Pansel Capim KPK periode 2019-2023 telah mengumumkan 20 nama yang lolos tahap tersebut. Selanjutnya, Pansel bakal menyaring 10 nama lagi lewat tahapan tes seleksi uji publik.

Baca: Fenomena Puluhan Hiu di Pantai Peninsula Nusa Dua Jadi Tontonan Wisatawan

Berikut  nama-nama Capim KPK yang lolos Profile Assessment berdasarkan abjad: 

1. Alexander Marwata - Komisioner KPK

2. Antam Novambar - Anggota Polri

3. Bambang Sri Herwanto - Anggota Polri

4. Cahyo R.E. Wibowo - Karyawan BUMN

5. Firli Bahuri - Anggota Polri

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini