News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pesan BJ Habibie kepada Semua Cucunya Sebelum Wafat

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Jema'ah yang sebagian besar karyawan PT Dirgantara Indonesia (PTDI) melaksanakan salat gaib dan doa bersama di Masjid Habiburrahman, Jalan Kapten Tatanegara, Kota Bandung, Kamis (12/9/2019). Salat gaib dan doa bersama dilakukan untuk almarhum BJ Habibie yang merupakan Presiden ketiga Republik Indonesia yang juga dikenal sebagai Bapak Teknologi Indonesia yang berkontribusi dalam terciptanya pesawat N250 Gatotkaca buatan Indonesia. Mantan Menteri Riset dan Teknologi di era Presiden Soeharto itu, meninggal dunia di usia 83 tahun pada 11 September 2019 pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Di mata sang cucu, Presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie) dikenal sebagai sosok yang sangat romantis.

Farhan Sultan Habibie, cucu dari BJ Habibie mengatakan eyangnya kerap menceritakan sosok istri tercintanya, Hasri Ainun Besari.

"Eyang dari dulu sangat romantis orangnya. Sering sama eyang putri, terus selalu cerita yang baik-baik soal eyang putri. Sebagai cucu ya, senang liat mereka berdua bahagia terus," ujar Farhan di rumah duka, Jalan Patra Kuningan VII, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Baca: Terpilih Jadi Ketua KPK, Irjen Firli Singgung Fotonya Gendong Anak TGB yang Dipersoalkan

Farhan pun menceritakan bagaimana BJ Habibie menebarkan kasih sayang kepada cucu-cucunya.

Farhan mengatakan BJ Habibie dan Ainun kerap mengajak cucu-cucunya keluar untuk sekadar berjalan bersama ketika berada di Jerman.

"Misalnya pas kita lagi di Jerman, mereka sering mengajak cucu-cucu jalan depan rumah berjalan bareng sama keluarga," kata dia.

Baca: Cerita Ajudan, Habibie Sempat Napak Tilas Kisah Cintanya dengan Ainun di Jerman

Selain sosok yang romantis, BJ Habibie pun dikenal sebagai sosok yang jujur dan seorang pemimpin yang baik.

Bahkan, hingga akhir hayatnya, BJ Habibie masih meminta agar cucu-cucunya bersemangat dan kompak.

"Kalau ngomong, ya, cuma pasti nyuruh kami semangat. Tapi untuk saya, Pasha, Farah, Tifani, Nadia, Felicia (janji) untuk selalu kompak setelah eyang meninggal," katanya.

Selalu bergandengan tangan

Albiner Sitompul menceritakan bagaimana setia dan romantisnya Presiden Ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie) ketika bersama sang istri Hasri Ainun Besari.

Albiner Sitompul merupakan pengawal pribadi BJ Habibie.

Albiner mulai jadi pengawal saat BJ Habibie masih mejabat wakil presiden, presiden, hingga tidak lagi menjabat.

Ia pun sempat mengawal BJ Habibie dan Hasri Ainun Habibie selama dua tahun, ketika pasangan suami istri tersebut tinggal di Jerman pada tahun 1999-2001.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini