News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Korem 172/PWY Gelar Operasi Teritorial di Empat Tempat di Kabupaten Jayawijaya

Penulis: Gita Irawan
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Aktivitas pembersihan puing sisa kerusuhan di Pasar Wouma, Wamena, oleh personel TNI dari Kodim 1702/Jayawijaya bersama polisi dan masyarakat, Jumat (4/10/2019).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Korem 172/PWY menggelar Operasi Teritorial (Opster) tahun 2019 di empat tempat di Kabupaten Jayawijaya Papua yakni di kampung Yonggime distrik Pyramid, Kampung Silokarno Doga Distrik Silokarno Doga, Distrik Wamena, Kampung Wouma Distrik Wouma.

Danrem 172/PWY Kolonel Inf J Binsar Parluhutan Sianipar mengatakan pelaksanaan operasi teritorial TNI tahun 2019 di Kabupaten Jayawijaya sesuai dengan arahan Mabes TNI.

Binsar mengatakan, dalam operasi tersebut pihaknya melakukan upaya-upaya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di wilayah tersebut.

Ia mengatakan, operasi tersebut juga diselaraskan dengan kondisi aktual yang ada di wilayah Kabupaten Jayawijaya khususnya Wamena dengan melakukan berbagai komunikasi dengan masyarakat dengan upaya-upaya pembangunan.

"Kami berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten atau bupati kita berusaha membangun berbagai hal baik berbentuk fisik dan non fisik," kata Binsar dalam keterangan resmi Penerangan Kodam XVII Cenderawasih pada Rabu (16/10/2019).

Operasi Teritorial (Opster) tahun 2019 oleh Korem 172/PWY di lokasi di Kabupaten Jayawijaya, Papua.


Ia menjelaskan, sasaran fisik yakni pembangunan 6 unit rumah masyarakat, pembangunan 1 unit gereja, pembuatan 5 sumur bor, pemasangan 20 unit lampu jalan dalam hal ini menggunakan solar cell, pembangunan 3 unit kandang babi dan perehapan beberapa fasilitas umum seperti gereja dan sekolah.

Baca: Respon Hanum Rais Saat Dilapor ke Polisi Soal Cuitan di Twitter

Sedangkan untuk sasaran non fisik, kita juga melakukan kegiatan penyuluhan wawasan kebangsaan, bela negara dan perlombaan Parade Cinta Tanah Air (PCTA) dan juga kegiatan di bidang kesehatan yaitu penyuluhan dan pengobatan masal, karya bhakti, olahraga bersama, pembagian sembako kepada masyarakat dan ibadah bersama tokoh agama lain sebagainya. 

Baca: Dipicu Penikaman: Kota Penajam Tegang, Sekelompok Orang Bawa Senjata Tajam di Pelabuhan

Untuk sasaran tambahan yang akan dilaksanakan yaitu pemasangan solar cell di rumah masyarakat sebanyak 75 unit bekerjasama dengan PT PLN (Persero) wilayah Papua, pembuatan 2 unit MCK umum dua pintu kerjasama dengan Bank BRI cabang Wamena, pembagian biscuit Balita sebanyak 700 karton dan untuk ibu hamil 200 karton kerjasama dengan Kementrian Kesehatan RI untuk kegiatan Baksos di Kabupaten Jayawijaya.

Baca: Jiwasraya Digugat Enam Nasabahnya karena Produk Super Jiwasraya Plan

"Intinya adalah membangun dan membantu hal-hal yang paling dibutuhkan oleh masyarakat saat ini di wilayah Kab. Jayawijaya. Pada kegiatan ini kita melibatkan sekitar 200 personel," kata Binsar.

Ia juga berharap, kegiatan tersebut dapat membangun interaksi masyarakat dengan TNI di daerah.

"Kemudian kita juga berusaha dalam membangun suasana yang lebih kondusif di wilayah Jayawijaya khususnya di Wamena dan sekitarnya sehingga tercipta opini masyarakat bahwa situasi sudah berangsur pulih," kata Binsar.

Bupati Kabupaten Jayawijaya Jhon Richard Banua selaku Inspektur upacara menyampaikan Pemerintah Kab Jayawijaya mendukung sepenuhnya kegiatan Operasi teritorial TNI oleh Korem 172/PWY.

"Yang dilakukan oleh Opster ini tujuannya adalah untuk melakukan pendekatan secara langsung kepada masyarakat sehingga TNI bisa bekerjasama membangun tempat-tempat maupun fasilitas yang dibutuhkan oleh masyarakat di Kab Jayawijaya," kata Jhon pada upacara pembukaan Opster TNI tahun 2019 di lapangan Bola Kimbim, Jalan Silo Doga, Distrik Asologaima, Kabupaten Jayawijaya, pada Rabu (16/10/2019).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini