News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

CPNS 2019

Jadwal Tes SKD CPNS Pemprov Jatim akan Dimulai 8 Februari 2020, Simak Teknisnya

Editor: Ayu Miftakhul Husna
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi Tes SKD CPNS

TRIBUNNEWS.COM - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Timur memastikan jika pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS untuk Pemprov Jatim akan diadakan pada 8 Februari 2020, mendatang.

Nantinya, pelaksanaan tes SKD CPNS akan diikuti sebanyak 54.677 peserta.

Jumlah peserta tersebut merupakan peserta yang sudah dinyatakan lulus seleksi adminitrasi dan termasuk yang peserta lolos masa sanggah.

Lantaran jumlah peserta yang akan mengikuti SKD mencapai puluhan ribu, tes SKD akan dilaksanakan dalam beberapa sesi dan akan dihelat hingga 19 hari.

"Yang lolos administrasi setelah masa sanggah tambahannya tidak terlalu banyak. Untuk tempatnya, masih menunggu kepastiannya dulu. Kita akan menggelar tesnya 19 hari. Maksimal sepekan jelang tes kita akan umumkan tempat tes hingga nomor meja setiap peserta," tutur Kepala BKD Provinsi Jatim, Nur Kholis, Selasa (14/1/2020).

Lebih lanjut ia menegaskan, SKD akan digelar berbasis Computer Assisted Test (CAT). Soal yang diberikan adalah soal yang terkoordinasi oleh panselnas dan dijamin tidak akan bocor.

Dalam sehari, tes akan digelar BKD Jatim hingga lima sesi. Masing-masing sesi diikuti oleh 600 peserta.

"Kita sudah menghitung, dengan jumlah total peserta sejumlah itu, maka dalam sehari akan ada 3.000 peserta yang akan mengikuti tes. Kita menyiapkan 600 unit komputer," tegasnya.

Tidak hanya itu, sebanyak 50 unit komputer juga sudah disiapkan sebagai tambahan atau cadangan jika ada kerusakan unit yang lain. Sehingga dipastikan peserta bisa mengikuti SKD dengan lancar.

Disinggung soal CAT, BKD Jatim memastikan kerahasiaannya. Sebab, soal yang disiapkan oleh tim panitia seleksi nasional (Panselnas) baru akan diberikan ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) menjelang pelaksanaan.

"Soalnya setiap peserta pasti beda. Jadi jangan khawatir nanti yang sudah ikut sesi SKD lalu membocorkan ke yang lain, karena soal akan diacak dalam pelaksanaan CAT SKD," tandas Nur Kholis.

(Surya.co.id/ Fatimatuz Zahro)

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul "Tes SKD CPNS Pemprov Jatim Digelar 19 Hari, Dimulai 8 Februari 2020, Seperti Ini Teknisnya".

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini