News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Prakiraan Cuaca

BMKG Peringatan Dini Cuaca 15-17 Januari 2020: Jabodetabek Berpotensi Hujan Lebat dan Angin Kencang

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Siti Nurjannah Wulandari
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

ILUSTRASI hujan lebat - Simak Info BMKG Peringatan Dini Cuaca Ekstrem untuk 15-17 Januari 2020: Waspada Wilayah Jabodetabek Berpotensi Hujan Lebat dan Angin Kencang

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca yang diprakirakan akan terjadi pada hari ini Kamis 15 Januari hingga besok Jumat 17 Januari 2020.

Peringatan dini cuaca dibuat berdasarkan update terakhir Rabu 15 Januari 2020 pada pukul 11.57 WIB, karena adanya massa udara basah.

Massa udara basah terjadi di lapisan rendah terkonsentrasi di bagaian besar wilayah Indonesia.

Daerah yang memiliki potensi konvektif dari faktor lokal dengan nilai indeks labilitas atmosfer sedang atau kuat terdapat di wilayah Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan
Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Papua.

Terdapat juga vortex di wilayah Kalimantan Barat, sedangkan sirkulasi di perairan Barat Aceh (925/850mb) dan Samudera Hindia Barat Daya Sumatera (925/900mb).

Konvergensi memanjang terjadi di Pesisir Barat Sumatera, dari Selat Makasar hingga Sulawesi Tenggara, dan dari Papua Barat hingga Papua.

Belokan angin juga terdapat di Selat Karimata dan Sulawesi bagian Utara.

Berikut beberapa wilayah yang diprakirakan berpotensi hujan lebat dan hujan lebat disertai angin kencang kilat/petir hari ini Rabu hingga besok Jumat dilansir laman bmkg.go.id, Rabu (15/1/2020).

Rabu, 15 Januari 2020

Wilayah Berpotensi Hujan Lebat

- Sumatera Barat

- Lampung

- Jawa Tengah

- Nusa Tenggara Barat

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini