News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Mendikbud Nadiem Keluarkan Surat Edaran Memperingati Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Mendikbud Nadiem Makarim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengeluarkan surat edaran terkait penyelenggaraan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2020. 

Surat ini ditujukan kepada instansi pusat, daerah, hingga masyarakat.

Dalam surat tersebut, tema Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2020 adalah Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila. Upacara sedianya digelar pada esok hari Kamis (1/10/2020) di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, pukul 08.00-08.30 WIB.

Pada situasi pandemi Covid-19 ini, semua instansi di tingkat pusat, daerah dan kantor perwakilan RI di luar negeri, diminta mengikuti secara virtual dari kantor masing-masing.

"Menteri, Pimpinan Lembaga Negara/lnstansi Pusat beserta Pimpinan Tinggi Madya atau sederajat wajib mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan di Monumen Pancasila Sakti Jakarta secara virtual dari kantor masing-masing," tulis Nadiem dalam surat edaran tersebut.

Baca: Pimpinan MPR: Pancasila Adalah Dasar dan Pondasi Negara

Selain itu, Kepala Daerah atau Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), kantor/lembaga yang ada di daerah wajib mengikuti Upacara Peringatan Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan di Monumen Pancasila Sakti Jakarta secara virtual dari kantor masing-masing.

Surat itu juga meminta instansi pusat dan daerah, serta seluruh masyarakat untuk mengibarkan bendera setengah tiang pada 30 September 2020. Sementara pada esok hari, bendera dikibarkan satu tiang penuh.

“Setiap kantor instansi pusat dan daerah, kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri serta seluruh komponen masyarakat Indonesia pada tanggal 30 September 2020 agar mengibarkan bendera setengah tiang dan tanggal I Oktober 2020 pukul 06.00 waktu setempat, bendera berkibar satu tiang penuh," tambah Nadiem.

Rencananya, Nadiem akan memberikan pidato pada tanggal 30 September 2020 yang disiarkan melalui kanal media massa baik televisi, radio, dan media daring.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini