News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Daftar 11 Komjen dan 3 Irjen Kandidat Calon Kapolri yang Bersaing Gantikan Idham Azis

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi Polisi.

 TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bursa calon pengganti Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis semakin memanas jelang mantan Kabareskrim itu memasuki masa pensiun pada Januari 2021 mendatang.

Ketua Presidium Indonesia Police Watch Neta S Pane menyebutkan pemilihan calon Kapolri harus dipilih dari kepangkatan yang tertinggi yaitu jenderal bintang tiga atau Komisaris Jenderal (Komjen).

Komjen adalah jabatan yang satu level di bawah jabatan Kapolri yang berpangkat bintang empat.

Dengan kata lain, saat ini ada 14 personel Polri berpangkat Komjen yang berpotensi menjadi pengganti Kapolri Idham Azis.

Namun, kata Neta, tidak semua jenderal bintang tiga tersebut bisa melaju sebagai calon Kapolri.

Baca juga: Ada Bukti Rizieq Shihab Ajak Umatnya Ramai-ramai Datangi Acara, FPI Menyangkal dan Lepas Tangan

Pasalnya, ada 3 Komjen yang akan memasuki masa pensiun menjelang suksesi Kapolri. Ketiganya akan mulai pensiun pada November, Desember dan Januari 2020 mendatang.

"Hanya beberapa saja yang bisa ikut bursa, sisanya tidak bisa ikut karena karena memasuki masa pensiun," kata Neta saat dikonfirmasi, Kamis (19/11/2020).

3 Komjen yang akan pensiun adalah Kepala BNN Komjen Heru Winarko, Sekjen Kementerian KKP Komjen Antam Novambar, dan Sekretaris Utama Lemhanas Komjen Didid Widjarnardi.

Dengan adanya 3 orang jenderal bintang tiga pensiun itu, otomatis ada tiga orang perwira tinggi Polri berpangkat Inspektur Jenderal (Irjen) yang akan naik menjadi pangkat Komjen. 

Dari sejumlah nama yang beredar, memang ada tiga jenderal bintang dua yang menguat untuk naik pangkat menjadi Komjen menjelang suksesi Kapolri. Mereka disebut juga akan ikut bersaing dalam bursa calon Kapolri mendatang.

"Siapapun jenderal bintang dua Polri yang naik menjadi bintang tiga tentu berpeluang untuk masuk dalam bursa calon Kapolri," jelasnya.

Dari catatan Tribunnews.com, ada tiga orang jenderal bintang dua yang memang selalu disebut bakal naik pangkat Komjen menjelang pergantian Kapolri. Ketiganya juga dikaitkan sebagai calon kandidat kuat pengganti Idham Azis.

Ketiga orang inspektur jenderal polisi tersebut seluruhnya tengah menjabat sebagai Kapolda. Mereka adalah Kapolda Metro Jaya Irjen Fadhil Imran, Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Lutfhi, dan Kapolda Jawa Barat Ahmad Dofiri.

Sejatinya, ada 2 nama jenderal polisi bintang dua yang sebelumnya juga menguat yaitu eks Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana dan eks Kapolda Jawa Barat Rudy Sufahradi Novianto. Namun, kedua figur itu dicopot menjelang suksesi Kapolri.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini