News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Prakiraan Cuaca

BMKG Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Kamis, 7 Januari 2021: DKI Jakarta Berpotensi Hujan hingga Angin

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Daryono
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi Prakiraan Cuaca (Pixabay/Pexels) - Simak informasi BMKG peringatan dini cuaca ekstrem yang diperkirakan terjadi, Kamis (7/1/2021) besok.

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem yang diperkirakan terjadi, Kamis (7/1/2021) besok.

Dilansir web.meteo.bmkg.go.id, sirkulasi siklonik terpantau di utara ekuator yaitu di Kalimantan Barat bag Utara - Selat Karimata dan di Laut Sulawesi.

Hal tersebut dapat membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) di perairan Utara Kalimantan Barat, di Utara Kalimantan Utara dan di Laut Sulawesi.

Sementara itu, di selatan ekuator terpantau sirkulasi siklonik di Samudera Hindia Barat Daya Banten, di Samudera Hindia Selatan NTB dan di Laut Timor yang membentuk konvergensi memanjang di perairan Barat Sumatera, di perairan Selatan Sulawesi Selatan dan di NTT bag Timur.

Baca juga: Peringatan Dini BMKG Kamis, 7 Januari 2021: Waspada Cuaca Ekstrem di 23 Provinsi

Daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) lainnya terpantau memanjang di Aceh bag Utara, dari Aceh hingga Sumatera Barat, di Bengkulu, dari Jawa Barat hingga Selat Makassar bag Selatan, dari Selat Makassar hingga Sulawesi Tenggara, di Maluku, di Papua Barat dan di Papua.

Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang konvergensi tersebut.

Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang besok, Kamis (7/1/2021) hingga Jumat (8/1/2021).

Kamis, 7 Januari 2021

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah :

- Aceh

- Sumatera Utara

- Sumatera Barat

- Riau

- Kep. Riau

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini