News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Prakiraan Cuaca

BMKG Peringatan Dini Cuaca Sabtu 30 Januari 2021: Waspada DKI Jakarta Hujan hingga Angin Kencang

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi Prakiraan Cuaca (Pixabay/Pexels) - Berikut ini informasi BMKG peringatan dini cuaca ekstrem yang diperkirakan terjadi besok, Sabtu (30/1/2021). Waspada wilayah DKI Jakarta berpotensi hujan hingga angin kencang.

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem yang diperkirakan terjadi, Sabtu (30/1/2021) besok.

Dilansir web.meteo.bmkg.go.id, pusat tekanan rendah terpantau di Australia bagian Utara yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Samudera Hindia Selatan Banten - Jawa Tengah.

Peningkatan kecepatan angin/low level jet (LLJ) yang terinduksi dari pola siklonik yaitu diperairan Selatan Jawa Tengah hingga NTT yang mencapai kecepatan angin >25 knot/45 km/jam.

Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah pusat tekanan rendah dan disepanjang daerah konvergensi tersebut serta tinggi gelombang di sepanjang garis low level jet tersebut.

Baca juga: Info BMKG Sabtu, 30 Januari 2021: Waspadai Gelombang Tinggi di Laut Natuna Utara Capai 6 Meter

Baca juga: Info Cuaca Jabodetabek Sabtu 30 Januari 2021, BMKG: Tangerang Hujan dari Siang Sampai Malam

Daerah perlambatan kecepatan angin/konvergensi lainnya terpantau memanjang dari Sumatera Barat hingga Bengkulu, dari perairan Utara P. Kalimantan hingga Kalimantan Timur, dari Sulawesi Tengah hingga Laut Banda, di Laut Sulawesi, dari perairan Utara Papua Barat hingga Papua Barat, di Maluku, dan di Papua.

Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang besok, Sabtu (30/1/2021) hingga Minggu (31/1/2021).

Sabtu, 30 Januari 2021

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

- Sumatera Barat

- Bengkulu

- Sumatera Selatan

- Kep. Bangka Belitung

- Lampung

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini