News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Korupsi Bansos Covid di Kemensos

Hakim Selisik Alur Verifikasi Bansos di Kemensos

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Adi Suhendi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Tersangka operasi tangkap tangan (OTT) KPK dalam kasus dugaan suap bantuan sosial (bansos) Covid-19, Matheus Joko Santoso selaku Pejabat Pembuat Komitmen di Kemensos bersama Ardian IM selaku swasta dan Harry Sidabuke dihadirkan pada konferensi pers di Kantor KPK, Jakarta Selatan, Minggu (6/12/2020) dini hari. KPK menetapkan lima tersangka termasuk Menteri Sosial, Juliari P Batubara terkait dugaan suap bantuan sosial Covid-19 dan mengamankan total uang sejumlah Rp 14,5 miliar yang terdiri dari mata uang rupiah dan mata uang asing. Rinciannya yakni Rp 11,9 miliar, USD 171.085, dan sekitar SGD 23.000. Tribunnews/Herudin

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Saksi kasus dugaan suap pengadaan bantuan sosial (bansos), Matheus Joko Santoso mengatakan, pihak internal Kementerian Sosial (Kemensos) selalu melakukan evaluasi terhadap vendor-vendor terkait.

Ia menegaskan, setiap barang untuk distribusi bansos telah melewati verifikasi.

Pernyataan di atas diungkapkan Joko saat meladeni pertanyaan majelis hakim dalam sidang dengan terdakwa Harry Van Sidabukke dan Ardian Iskandar Maddanatja.

Baca juga: Pejabat Kemensos Ungkap Arahan Juliari Batubara soal Pungutan Uang dari Vendor Bansos

"Bantuan ini kan buat terdampak Covid ya. Dan bagaimana Kemensos memastikan itu sesuai spek? Apakah ada evaluasi?" tanya majelis hakim di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (15/3/2021) malam.

"Secara internal kami melakukan evaluasi. Itu masing-masing vendor menyampaikan. Ya di samping penawaran harga juga memberikan barang untuk pengecekan awal. Dan yang disediakan juga dicek apakah sama dengan yang ditawarkan," jawab saksi Joko.

Joko yang ditunjuk sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di Kementerian Sosial juga menuturkan, apabila dinilai tidak sesuai dengan yang ditawarkan, maka Kemensos akan meminta vendor untuk segera menyesuaikan sampai dikatakan lolos verifikasi.

"Apabila tidak sesuai mereka (vendor) akan menyesuaikan atau menawarkan yang baru," kata dia.

Baca juga: Jaksa KPK Hadirkan Staf Ahli dan Ajudan Mensos di Sidang Korupsi Bansos Hari Ini

Majelis hakim pun mendalami pernyataan saksi.

Majelis juga mendalami soal ada tidaknya tim Kemensos di lapangan yang memantau bansos tersebut.

"Tapi kenapa setelah tiba atau sampai ke warga berbeda? Apa tidak ada monitoring atau yang memantau di lapangan. Misal ada temuan seperti apa gitu?" tanya majelis hakim.

"Ada yang mulia. Ada uji petik dan monitoring dan ada tim respons cepat tim Kemensos melakukan tindakan yang perlu. Berdasarkan laporan kemudian ada yang menjelaskan," jawab saksi Joko.

Sebelumnya saksi Joko dicecar pertanyaan seputar goodie bag bansos oleh kuasa hukum terdakwa.

Pertanyaan seputar kebenaran rekomendasi yang diberikan dari Menteri Juliari Peter Batubara terkait pengadaan goodie bag bansos.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini