News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Mensos Risma: Kelompok Rentan dan Disabilitas di Daerah Bencana dapat Perhatian Khusus

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Sosial Tri Rismaharini langsung meninjau lokasi yang terdampak gempa di Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Minggu (11/4/2021) dini hari.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Sosial memberikan perhatian khusus terhadap kelompok rentan yang terdampak bencana. 

Selain kebutuhan logistik, Kemensos juga memastikan mereka mendapatkan Layanan Dukungan Psikososial (LDP) dan layanan lain. 

"Kelompok rentan seperti anak-anak, lansia dan penyandang disabilitas menjadi perhatian Kemensos. Sampai saat ini tim LDP masih bekerja, di titik-titik bencana," ujar Menteri Sosial Tri Rismaharini melalui keterangan tertulis, Kamis (15/4/2021).

Kelompok rentan seperti anak-anak, lanjut usia, penyandang disabilitas, dan ibu hamil, paling riskan terdampak secara psikologis menghadapi bencana seperti yang terjadi di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Risma memastikan, tim Kemensos masih terus bekerja di titik-titik bencana baik di NTT maupun NTB. 

"Team kami ada di Lembata, Aliran, Sumba Timur, Malaka,  dan lokasi bencana lainnya, " kata Risma. 

Baca juga: Mensos Risma Bangun Sistem Operasional Berbasis Elektronik untuk Cegah Korupsi 

Di Kecamatan Woha dan Mota, NTB,  Tim LDP Direktorat Rehabilitasi Sosial Anak, Balai Anak Paramita didampingi Satuan Bakti Pekerja Sosial (Sakti Peksos) Kabupaten Bima menyerahkan bantuan kepada LKSA Al-Wafa' berupa makanan siap saji sejumlah 60 pack, kasur 5 buah dan matras 5 buah. 

Sebelum dilakukan serah terima bantuan, Tim Balai Anak Paramita melakukan LDP untuk menghilangkan perasaan sedih dan juga cemas anak-anak panti.

Sebanyak 23 anak yang mengikuti LDP bermain sambil tertawa sebagai pertanda bahwa mereka senang dengan permainan bersifat rekreasional yang diberikan oleh tim Balai.

LDP juga diberikan kepada Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Raudhatul Ilmi di Desa Sakuru, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima.

Sedikitnya 25 anak hadir di halaman LKSA untuk mengikuti LDP dan menerima bantuan kedaruratan dari Balai.

Dalam penanganan bencana gempa di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Mensos juga turun langsung mengevakuasi ibu hamil dan lanjut untuk mendapatkan layanan yang sesuai.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini