News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Penanganan Covid

Stok Vaksin Pulih, Menkes Minta Daerah Genjot Vaksinasi Massal

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Theresia Felisiani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden RI Joko Widodo saat meninjau langsung program Vaksinasi Massal di TM Thamrin City, Jakarta Pusat, Senin, (3/5/2021). Salah satu bentuk kepedulian terhadap kesehatan bersama dan Salah satu Trade Mall di Jakarta Pusat , TM Thamrin City gelar vaksinasi Covid-19 selama dua hari pada tanggal 3 dan 4 Mei 2021. Dengan target peserta vaksin sebanyak 2000 orang. Tribunnews/Jeprima

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin meminta daerah  bersiap kembali mengintensifkan jalannya program vaksinasi massal bagi warga.

Pasalnya kata Budi, stok vaksin Covid-19 beserta kapasitas vaksinasinya secara bertahap akan kembali meningkat dalam waktu dekat. 

"Kita mulai genjot lagi karena stok vaksinnya sudah cukup. Kalau bisa kita menyentuh 1 juta per bulan di bulan Juni karena kapasitas vaksin kita sekarang sudah cukup," kata Budi di Istana Kepresidenan,  Jakarta, Senin, (10/5/2021).

Presiden RI Joko Widodo berbincang dengan Menkes RI Budi Gunadi Sadikin, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Ketua Umum KADIN Rosan P. Roeslani disela- sela peninjauan program Vaksinasi Massal di TM Thamrin City, Jakarta Pusat, Senin, (3/5/2021). Salah satu bentuk kepedulian terhadap kesehatan bersama dan Salah satu Trade Mall di Jakarta Pusat , TM Thamrin City gelar vaksinasi Covid-19 selama dua hari pada tanggal 3 dan 4 Mei 2021. Dengan target peserta vaksin sebanyak 2000 orang. Tribunnews/Jeprima (TRIBUNNEWS/Jeprima)

Untuk diketahui, pada 26 Maret lalu jumlah vaksinasi Covid-19 yang dilakukan di Indonesia telah mencapai 10 juta vaksinasi.

Kemudian, pada 30 April, vaksinasi yang telah dilakukan telah menembus angka 20 juta.

Vaksinasi yang dilakukan sepanjang April lalu sedikit mengalami penurunan akibat ketersediaan stok vaksin yang terbatas.

Namun, saat ini, stok vaksin tersebut dipastikan akan kembali meningkat seiring dengan kedatangan sejumlah stok vaksin ke Indonesia dalam beberapa waktu terakhir.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau vaksinasi massal bagi pelaku pasar modal dan perbankan di kawasan Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, pada Rabu, (31/3/2021). (Sekretariat Presiden /capture video)

Untuk vaksinasi bagi Lansia, Budi mengatakan  terdapat tiga provinsi yang pelaksanaanya baik.

Artinya laju vaksinasi bagi kelompok Lansia terus naik.

Ketiga provinsi tersebut ialah Provinsi DKI Jakarta, Bali, dan Yogyakarta.

Pemerintah akan memberikan alokasi vaksin tambahan bagi ketiga provinsi tersebut agar dapat segera menyelesaikan tahapan vaksinasi yang diprioritaskan bagi lansia untuk dapat berlanjut ke tahap berikut, yakni bagi masyarakat umum.

"Jadi ada beberapa provinsi sudah di atas 10 persen dari total populasi yaitu Jogjakarta, DKI jakarta dan Bali. mudah-mudahan bisa memotivasi rekan-rekan kepala daerah yang lain," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini