News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Mensos Risma Pastikan Kesiapan Logistik untuk Tanggap Bencana 

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Sosial Tri Rismaharini

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Sosial Tri Rismaharini memastikan kesiapan logistik untuk menghadapi bencana. 

Kementerian Sosial RI mengantisipasi kebencanaan dengan menyiapkan gudang logistik dilengkapi stok makanan dan peralatan.

"Di gudang logistic perlu cara pengawetan sehingga saat terjadi bencana bantuan bisa cepat dikirim," ujar Menteri Sosial Tri Rismaharini melalui keterangan tertulis, Rabu (12/5/2021).

Risma mengungkapkan di wilayah Barat, terdapat gudang logistik di Kota Medan, Sumatera Utara; Kota Padang, Sumatera Barat; serta di Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD).

Gudang logistik juga menampung peralatan kebencanaan, seperti perahu karet dan perlengkapan evakuasi yang biasa digunakan oleh Taruna Siaga Bencana (Tagana). 

Di gudang logistik menyimpang tenda darurat hasil rancangan Mensos dari bahan terpal PVC yang bisa menurunkan suhu udara panas dan didesain antiangin.

Baca juga: Kolaborasi Berbagi Kebersamaan Bantu Korban Bencana di Bulan Ramadan Melalui GMBK

“Sudah dicek model tenda darurat yang harus ada bolongan agar ada tiang penyangga, jadi jangan hanya lembaran terpal yang begitu saja," ungkap Risma.

Pengelolaan gudang logistik, menurut Risma, perlu ditata dengan baik termasuk ribuan bahan makanan disusun rapi dan siap disalurkan jika terjadi bencana dengan cepat. 

Mantan Wali Kota Surabaya ini menekankan pengeloaan gudang logistik agar terintegrasi secara digital yang bisa menampilkan data isi gudang dan tidak lagi dalam bentuk kertas. 

Belajar dari bencana di wilayah timur Indonesia, pengiriman logistik dengan moda transportasi laut terkendala gelombang, jalur darat terkendala jalan yang rusak parah mengakibatkan pengiriman bagi para korban jadi terkendala dan tertahan. 
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini