News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kunjungi UMKM Mitra Deradikalisasi di Kalimantan, Kepala BNPT: Ini Bukti BNPT Hadir, Kami Bangga

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Malvyandie Haryadi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Boy Rafli Amar.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Boy Rafli Amar melakukan silaturahmi kepada beberapa anggota mitra deradikalisasi BNPT Kalimantan Timur di Wisata Agro Suka Raja di Kelurahan Sukaraja, Sepaku, Kab. Penajam Paser Utara pada Senin (20/9/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala BNPT, Sekretaris Utama, Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi, Direktur Deradikalisasi, beserta sejumlah pejabat internal dan 7 perwakilan mitra deradikalisasi yang berdomisili di Samarinda, Kalimantan Timur.

Kepala BNPT sangat mengapresiasi pengelolaan kawasan agrowisata yang diinisiasi oleh salah satu mitra deradikalisasi BNPT, Puryanto.

Puryanto merupakan para mantan narapidana terorisme (ex napiter) kasus bom Bali 1 dengan hukuman 3 tahun 8 bulan.

Baca juga: BNPT Sebut Tewasnya Ali Kalora Lemahkan Kelompok MIT 

"BNPT bangga dapat menjadi bagian dari yang dapat berkunjung ke Wisata Agro Sukaraja. Semoga kawasan agrowisata ini menjadi sarana mitra untuk melakukan hal positif, karena sebagian yg dilakukan di masa lalu merupakan reintegrasi, namun saat ini para mitra mampu menjadi bagian yang positif di masyarakat," kata Boy.

Boy juga mengingatkan agar seluruh mitra deradikalisasi yang telah memiliki usaha berjalan, tidak melupakan tanggung jawab terhadap masyarakat untuk tetap memelihara kedamaian dan semangat bela negara.

“Tentunya sebagai mitra BNPT punya peran penting di daerah masing-masing dalam menciptakan sebuah perdamaian dan kerukunan, serta menggelorakan bela negara,” ujarnya.

Tak hanya itu, mantan Kapolda Papua ini juga menegaskan bahwa setiap warga negara memiliki kontrak sosial untuk menjalankan kewajiban memberikan pendidikan kepada pemuda dan pada kawasan tersebut dapat didirikan Warung NKRI.

Baca juga: BNPT Awasi 4 Platform Media Sosial Terkait Radikalisme dan Terorisme

Adapun usaha mitra deradikalisasi ini meliputi pembibitan dan penanaman sawit, pemanfaatan limbah Ulin, serta Wisata Agro Suka Raja yang terdiri dari pemancingan, kolam renang, flying fox, taman bunga, edukasi anak, perkemahan dan seni budaya dan berdiri sejak 20 Mei 2021.

Puriyanto, pemilik kawasan ini merasa sangat senang dapat dikunjungi langsung oleh Kepala BNPT dan dalam forum tersebut memohon agar BNPT dapat memudahkan pendistribusian produk furniture dari limbah Ulin.

"Senang sekali, merasa diperhatikan dan memohon kepada bapak pejabat gimana saya dimudahkan lempar barang produksi limbah Ulin kaya kursi dan furniture dari sini ke Malang, dibantu surat-suratnya," ucap Puryanto.

Kepala BNPT menyetujui hal tersebut dan menunjuk pejabat terkait untuk membantu mengeluarkan surat pendistribusian produk UMKM ini. Bahkan, sebagai bentuk dukungan nyata, Boy juga membeli beberapa furniture hasil karya para mitra BNPT di Kalimantan.

Forum silaturahmi mitra deradikalisasi BNPT seperti ini rutin dilaksanakan sebagai bentuk perhatian negara kepada warganya serta diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi antara BNPT dengan mitra dalam menangkal ancaman terorisme.

Tidak hanya itu, keberhasilan Puriyanto dalam mengelola usaha mitra deradikalisasi yang dapat membantu perekonomian masyarakat merupakan bukti program BNPT telah hadir dan tepat sasaran.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini