News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Sosok 2 Letjen Dikaitkan Jadi KASAD Pengganti Jenderal Andika Perkasa, Ada Wakil Prabowo

Penulis: Facundo Chrysnha Pradipha
Editor: Miftah
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kolase KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa (tengah) bersama Letjen TNI Joni Supriyanto (kiri) dan Letjen TNI Muhammad Herindra

TRIBUNNWS.COM - Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD), Jenderal TNI Andika Perkasa diusulkan menjadi calon tunggal Panglima TNI.

Selanjutnya, DPR RI akan melakukan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan kepada calon pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto.

Dalam hal itu, jabatan tertinggi jajaran TNI Angkatan Darat akan segera kosong.

Pengamat yang juga Direktur Indonesia Intelligence Institute, Ridlwan Habib menyebutkan dua sosok yang pantas meneruskan estafet kepemimpinan Jenderal Andika Perkasa.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa menggelar video teleconference membahas kerja sama penanganan Covid-19 bersama kepala staf dan panglima angkatan darat (AD) dari 10 negara anggota ASEAN, Kamis, 9/7/2020. (TNI AD)

Keduanya yakni Kepala Badan Intelijen Strategis (Kabais) TNI, Letjen TNI Joni Supriyanto dan Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Letjen TNI Muhammad Herindra.

Dua jenderal bintang tiga di pundak ini disebut-sebut Ridlwan masih memiliki masa jabatan yang panjang.

"Diharapkan nanti tahun depan tahun 2022 kita juga mempunyai kepala staf angkatan darat yang masa jabatannya panjang. Jadi kemungkinannya ya antara angkatan 1986, Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) 86 atau 87."

"Ada beberapa nama, misalnya Akabri 86 itu bapak Kabais Letjen Joni. Ada juga 87 itu ada Wamenhan Pak Herindra," terang Ridlwan Habib dikutip dari Kompas TV, Rabu (3/11/2021).

Lantas inilah profil dan sepak terjang dua Letjen dirangkum Tribunnews.com  dari berbagai sumber.

1. Letjen Joni Supriyanto

Mengutip Surya.co.id, Letjen Joni Supriyanto adalah Kepala Badan Intelijen Strategis (Kabais) TNI sejak 21 Oktober 2020.

Sebelumnya, ia menjabat sebagai Kepala Staf Umum (Kasum) TNI sejak tahun 2019.

Mutasi jabatan Letjen Joni Supriyanto tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/835/X/2020 Tanggal 21 Oktober 2020 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Adapun upacara penyerahan jabatan dilakukan di Subden Denma Mabes TNI, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (27/10/2020).

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini