News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kemendikbudristek Minta Perguruan Tinggi Negeri BLU Akselerasi Kinerja Anggaran

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek Nizam

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Plt Dirjen Diktiristek Nizam meminta pimpinan Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN-BLU) untuk melakukan akselerasi kinerja dan daya serap anggaran PTN-BLU.

Nizam mengatakan akselerasi kinerja anggaran perlu dilakukan oleh setiap PTN-BLU mengingat saat ini periode pelaksanaan anggaran telah memasuki fase triwulan empat atau fase akhir tahun anggaran 2021.

"Kami sangat berharap anggaran yang sudah dialokasikan tahun 2021 ini dapat diserap maksimal dan dioptimalkan pemanfaatannya," ujar Nizam melalui keterangan tertulis, Selasa (23/11/2021).

Selain itu, Nizam mengatakan kinerja anggaran PTN-BLU pada tahun 2021 ini akan menjadi basis perencanaan alokasi anggaran PTN-BLU pada tahun 2023.

"Kinerja anggaran pada tahun 2021 ini akan berdampak pada perencanaan alokasi anggaran tahun-tahun berikutnya," kata Nizam.

Sebagai Badan Layanan Umum, PTN-BLU memiliki fleksibilitas dalam mengelola dan memanfaatkan anggaran yang telah dialokasikan pemerintah.

Dirinya mencontohkan bahwa angaran yang belum terserap dapat dioptimalkan untuk pengadaan berbagai peralatan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tatap muka.

Baca juga: Program Triple Degree Mampu Tingkatkan Kualitas SDM Lulusan Perguruan Tinggi

Nizam berharap bahwa PTN-BLU mampu menjadi motor penggerak akselerasi kinerja anggaran satuan kerja Kemdikbudristek.

"Anggaran yang belum terserap dapat dioptimalkan untuk pengadaan peralatan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tatap muka," kata Nizam.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini