News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Prakiraan Cuaca

Peringatan Dini BMKG Kamis 9 Desember 2021: Waspada 23 Wilayah Berpotensi Alami Hujan Lebat

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi Prakiraan Cuaca (Pixabay/Pexels) - Simak informasi BMKG peringatan dini cuaca ekstrem untuk besok, Kamis (9/12/2021) waspada 23 wilayah berpotensi alami hujan lebat.

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem untuk besok, Kamis (9/12/2021).

Dilansir web.meteo.bmkg.go.id, Pusat Tekanan Rendah terpantau di Samudera Pasifik Utara Papua yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang di di Papua dan di Papua Barat bag Utara.

Sirkulasi Siklonik terpantau di Kalimantan Barat bag Utara dan di kep. Aru-Tanimbar yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang di Selat Karimata dan di NTT bag Timur.

Daerah konvergensi lainnya juga terpantau memanjang di Aceh, dari perairan barat Sumatera Barat hingga Bengkulu, di perairan barat Bengkulu-Lampung, di Selat Karimata, di Laut Natuna, dari Jawa Barat bag Selatan hingga Jawa Timur, di NTB, di Kalimantan utara, di Kalimantan Barat bag Utara, dari Kalimantan Timur hingga Sulawesi Tengah, dari Selat Makassar bag Selatan hingga Sulawesi Tengah, di Maluku dan di Papua serta daerah pertemuan angin (konfluensi) yang terpantau di pesisir Barat Sumatera, di Sumatera bag Selatan, di Laut Flores dan di Laut Seram-Maluku Utara.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah pusat tekanan rendah/sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Baca juga: Cek Radar Cuaca Melalui Aplikasi Info BMKG, Simak Cara Downloadnya Berikut Ini

Baca juga: Ada BMKG, Ada PVMBG, Ini Beda Tugas dan Fungsinya

Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang pada Kamis, 9 Desember 2021 hingga Jumat, 10 Desember 2021:

Kamis, 9 Desember 2021

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

- Aceh

- Sumatera Barat

- Bengkulu

- Jambi

- Sumatera Selatan

- Kep. Bangka Belitung

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini