News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Prakiraan Cuaca

Peringatan Dini BMKG Selasa 21 Desember 2021: Waspada Jateng Berpotensi Hujan Lebat hingga Angin

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Prakiraan Cuaca - BMKG peringatan dini cuaca ekstrem untuk hari ini, Selasa (21/12/2021) waspada Jateng berpotensi alami hujan lebat hingga angin.

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem untuk hari ini, Selasa (21/12/2021).

Dilansir web.meteo.bmkg.go.id, Bibit Siklon Tropis 94B terpantau di perairan Laut Andaman sebelah utara Aceh, yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di perairan barat Aceh hingga Aceh bagian utara.

Sirkulasi Siklonik terpantau di perairan barat Bengkulu, di Laut Jawa bagian tengah dan di Papua Barat yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang di Laut Jawa dan di papua Barat.

Daerah konvergensi lainnya juga terpantau memanjang dari Bangka Belitung hingga Laut Jawa, dari Sumatera Selatan hingga Lampung, dari Jawa Barat hingga perairan utara Jawa Barat, dari NTB hingga Jawa Tengah, dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Selatan, di Selat Makassar, dan di Papua bagian utara.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah Bibit Siklon Tropis, sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Baca juga: BMKG Catat 102 Kali Gempa Terjadi di Bali dan Nusa Tenggara dalam Dua Hari Terakhir

Baca juga: Prakiraan Cuaca BMKG Hari Ini, 21 Desember 2021: Pontianak Cerah Berawan, Bengkulu Hujan Petir

Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang pada Selasa, 21 Desember 2021 hingga Rabu, 22 Desember 2021:

Selasa, 21 Desember 2021

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

- Aceh

- Sumatera Utara

- Sumatera Barat

- Riau

- Kep. Riau

- Bengkulu

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini