News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Dinilai Sukses Kendalikan Pandemi, Survei Sebut 79,3 Persen Publik Puas Kepemimpinan Jokowi

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Temuan survei New Indonesia Research & Consulting menunjukkan kepuasan publik mencapai 79,3 persen, sementara yang tidak puasa ada 19,6 persen. Yang menjawab tidak tahu hanya 1,1 persen.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Temuan survei New Indonesia Research & Consulting menunjukkan kepuasan publik mencapai 79,3 persen.

Mayoritas publik merasa puas dengan kinerja pemerintahan di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi, terkait penanganan pandemi Covid-19.

Diketahui gelombang ketiga pandemi Covid-19 yang dipicu oleh varian Omicron tengah melanda Indonesia, di mana kurva kenaikan kasus positif tengah menuju puncak.

Sebagai catatan, pada gelombang kedua akibat varian delta mencapai puncak dengan 56 ribu kasus per hari.

Berbeda dengan gelombang-gelombang sebelumnya, pemerintah tampaknya lebih siap dan percaya diri.

Baca juga: Survei Trust Indonesia: Kepuasan Publik Terhadap Kinerja Jokowi 70,1 Persen, Maruf Amin 53,8 Persen

Tidak ada pembatasan sosial yang seketat sebelumnya, hingga mendapat protes dari kalangan pelaku usaha yang paling terdampak saat itu.

Demikian pula dengan fasilitas kesehatan yang hampir kolaps pada gelombang kedua, dengan melonjaknya bed occupancy rate (BOR) hingga terjadi kelangkaan oksigen.

Berbagai pihak langsung turun tangan untuk menjamin pasokan oksigen yang sangat dibutuhkan pasien.

Kesiapan pemerintah didukung oleh tingginya tingkat vaksinasi yang telah mencapai lebih dari 90 persen untuk dosis pertama dan 65 persen untuk dosis kedua.

Pemerintah juga telah menggulirkan vaksinasi untuk anak-anak dan booster atau dosis ketiga.

Sementara itu survei serologi di 100 kabupaten/kota di sebagian wilayah aglomerasi maupun non-aglomerasi menunjukkan sebanyak 86,6 persen penduduk Indonesia telah memiliki kekebalan terhadap Covid-19, baik karena vaksinasi maupun karena pernah terinfeksi.

Krisis kesehatan yang juga berdampak terhadap ekonomi pelan-pelan mulai teratasi.

Sementara pertumbuhan ekonomi sepanjang 2021 sebesar 3,69 persen, atau mencatatkan perbaikan dibanding pada 2020 atau awal pandemi yang hanya mencapai 2,07 persen.

"Tingkat kepuasan publik terhadap Presiden Jokowi nyaris menembus 80 persen,” kata Direktur Eksekutif New Indonesia Research & Consulting Andreas Nuryono dalam keterangan pers di Jakarta, Selasa (15/2/2022).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini