News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Bursa Capres

Survei SMRC: Pasangan Anies-AHY Berpeluang Menang di Pilpres 2024, Dapat Dukungan 29,8 Persen

Penulis: Suci Bangun Dwi Setyaningsih
Editor: Inza Maliana
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kanan) bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pendopo Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (6/5/2021). Dalam artikel mengulas tentang hasil survei SMRC terkait pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang berpeluang memenangi Pilres 2024.

TRIBUNNEWS.COM – Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) terbaru menunjukkan adanya kandidat pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang berpeluang menang di Pilpres 2024 mendatang.

Terdapat tiga pasangan yang diduetkan sebagai capres dan cawapres, termasuk pasangan Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) .

Menurut Direktur Eksekutif SMRC, Sirojudin Abbas, ada lima faktor yang mempengaruhi pembentukan pasangan capres-cawapres.

Seperti faktor koalisi, komunikasi antar partai, tiga partai besar, faktor intensitas serta pertimbangan elektabilitas calon.

"Berdasarkan pertimbangan lima faktor itu, kombinasi antara kelimanya mungkin bisa melahirkan tiga poros calon, yakni poros koalisi PDIP-Gerindra, poros Golkar, dan poros NasDem-Demokrat.”

“Calon mereka adalah Prabowo-Puan, Ganjar-Airlangga, dan Anies-AHY, bisa juga dibalik,” katanya, dikutip Tribunnews.com dari kanal YouTube SRMRC TV, Jumat (8/4/2022).

Baca juga: Berpengalaman Ekonomi Kerakyatan, Sandiaga Didukung Warga Jakut Maju Pilpres

Berdasarkan survei SMRC yang bertajuk Prospek Capres 2024 ini, responden lebih banyak memilih duet Anies Baswedan dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Presiden dan Wakil Presiden.

“Bila pemilihan pasangan Presiden-Wakil Presiden diadakan sekarang ini, siapa yang akan Ibu/Bapak pilih sebagai pasangan Presiden-Wakil Presiden di antara pasangan berikut? ... (%)” pertanyaan yang disampaikan ke responden.

Temuannya, bila pemilihan presiden-wakil presiden diadakan sekarang dan diikuti oleh 3 pasangan, yakni Anies-AHY vs Ganjar-Airlangga vs Prabowo-Puan, maka ketiga pasangan tersebut mendapat dukungan yang kurang lebih sama.

“Pasangan Anies-AHY mendapatkan dukungan 29,8 persen suara, seimbang dengan dukungan Ganjar-Airlangga 28,5 persen.”

“Pasangan Prabowo-Puan dengan dukungan 27,5 persen dan yang belum tahu 14,3 persen,” ucap Abbas.

Ia menambahkan, dalam simulasi Airlangga menjadi capres dan Ganjar Pranowo sebagai cawapres, justru menunjukkan tren penurunan pada pasangan tersebut.

"Pasangan Airlangga- Ganjar hanya mendapat 22,6 persen, kalah oleh pasangan Anies-AHY yang didukung 32,3 persen.”

“Sementara pasangan Prabowo-Puan meraih dukungan 29 persen dan yang belum tahu ada 16,1 persen,” lanjut Abbas.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini