News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Selain Adaptif, BUMD Didorong Terus Ciptakan Inovasi dan Kolaborasi

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) didorong untuk terus menciptakan inovasi, beradaptasi dan berkolaborasi agar dapat lebih berkontribusi dalam pembangunan ekonomi di daerah dan nasional.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, penanganan Covid-19 yang berangsur membaik membuat kita beradaptasi dalam menciptakan tatanan ekonomi baru sebagai bagian dari transformasi masa pandemi menuju endemi.

“Hal ini juga berbanding lurus dengan membaiknya perekonomian Indonesia. Pencapaian ini tentu tidak lepas dari dukungan seluruh lembaga dan pemangku kepentingan,” kata Menparekraf Sandiaga saat menjadi pembicara kunci Top BUMD Awards 2022 di Jakarta, Rabu (20/4/2022).

Menparekraf mengatakan, penyelenggaraan kegiatan seperti Top BUMD Awards 2022 diharapkan dapat memberikan inspirasi dan pembelajaran bagi BUMD untuk melakukan perbaikan dan peningkatan pengelolaan usaha serta peningkatan kinerja.

Pada gilirannya mereka dapat lebih berkontribusi dalam pembangunan ekonomi di daerah dan nasional.

Baca juga: Sandiaga Uno Apresiasi Upaya Peningkatan Literasi Digital bagi Kaum Perempuan

Kepala BPSDM Kementerian Dalam Negeri RI Sugeng Hariyono yang membacakan sambutan dari Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian, mengatakan, untuk memajukan BUMD, perlu langkah integratif dan sinergi.

“Sinergi tersebut bisa bagus. Misalnya, kini ada 26 BPD dengan aset Rp796,45 triliun. Kredit disalurkan di Rp 473 triliun. Dengan aset besar tentu BPD bisa dorong ekonomi,” kata dia.

Ketua Dewan Juri Top BUMD Prof. Dr. Djohermansyah Djohan, M.A mengatakan, hampir semua BUMD, relatif mampu menghadapi dampak pandemi Covid-19 dengan baik.

Dia menyatakana, kinerja dan layanan BUMD terutama yang menjadi peserta kegiatan ini terus meningkat.

Sementara, BUMD sektor air minum, kinerja dan layanannya tetap terjaga dengan baik, dan relatif paling tahan terhadap Pandemi Covid-19. Implementasi dan penggunaan teknologi digital di Perusahaan Daerah Air Minum, untuk mendukung operasional dan meningkatkan layanan pelanggan, juga terlihat makin intensif.

BUMD sektor keuangan, terutama BPD dan BPR, terkena dampak yang sangat besar. Namun, berkat inovasi dan prinsip kehati-hatian dalam menjalankan bisnisnya, maka BPD dan BPR-BPR, masih mampu menjaga kinerja dan layanannya dengan baik.

Beberapa BUMD yang meraih penghargaan ini  diantaranya, Perumdam TKR Kabupaten Tangerang, Perumda Apa' Mening Kabupaten Malinau, Perumda Air Minum Tirta Hita Buleleng, dan Perumdam Tirta Darma Ayu Kabupaten Indramayu.

Ada juga Bank Jatim, Bank DKI, Bank Sumsel Babel, BPR Bank BAPAS 69, Bank Sleman. Sedangkan di sektor lain, ada MRT Jakarta, PT SPR (Sarana Pembangunan Riau), RSUD Iskak Tulungagung (BLUD-red), dan PT Food Station Tjipinang Jaya dan lain-lain.

Ketua Penyelenggara Top BUMD Awards 2022, M. Lutfi Handayani mengatakan, kegiatan tahun ini mengangkat tema “Membangun Kinerja Bisnis dan Layanan BUMD yang Berkelanjutan.” “Kita berharap manajemen BUMD tidak hanya mengejar kinerja bisnis tahunan atau dalam jangka pendek saja, tapi juga melakukan investasi agar bisnis BUMD dapat tumbuh berkelanjutan dalam jangka panjang,” ujarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini