News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Mudik Lebaran 2022

Pemudik Bisa Vaksin Covid-19 di Gerai yang Didirikan BNPB di Jalur Mudik

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kendaraan pemudik melintas saat penerapan one way di ruas tol Cikopo-Palimanan, Subang, Jawa Barat, Jumat (29/4/2022). Kebijakan one way dilakukan sejak pagi hari ini dimulai dari KM 47 sampai KM 414 Tol Kalikangkung guna mengurai kepadatan kendaraan pada musim mudik lebaran 2022. WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto meminta pemudik yang belum vaksin Covid-19 untuk melakukannya di gerai yang didirikan BNPB di jalur mudik.

Hal itu disampaikan Suharyanto saat meninjau jalur mudik di Pelabuhan Bakeuhuni, Lampung.

"Jika ada pemudik yang belum melengkapi vaksin hingga booster, tetap diperbolehkan mudik dengan terlebih dahulu melakukan vaksin di gerai yang telah disediakan," ujar Suharyanto dikutip dari siaran pers BNPB, Juma, (29/4/2022).

Sebelumnya selain menyiagakan petugas di jalur mudik yang rawan bencana, BPNB juga menerjunkan petugas untuk penegakan protokol kesehatan pada saat mudik.

Petugas akan melakukan sosialisasi dan pembagian masker di pos pos pelayanan mudik.

"Di pos-pos pelayanan mudik ada juga pos-pos yang didirikan BNPB dalam rangka membagikan masker, membagikan hand sanitizer, sabun cuci tangan," kata Suharyanto dalam konferensi pers, Kamis, (28/4/2022).

Selain membagikan masker, BNPB juga mendirikan pos untuk vaksinasi Covid-19. Pemudik yang belum vaksinasi dapat melakukannya di pos-pos tersebut.

Baca juga: Pemudik Meningkat, Total Pergerakan di Semua Moda Angkutan Mencapai 856.918 Penumpang

Tujuannya untuk mengantisipasi penularan Covid-19 saat mudik ke kampung halaman.

"Ini langkah-langkah supaya para pemudik dalam rangka melaksanakan mudik ini bisa berjalan dengan aman tertib dan lancar," katanya.

Untuk membantu para pemudik, BNPB mengeluarkan tips-tips aman mudik. Terdapat 13 poin panduan di dalamnya agar para pemudik selamat sampai tujuan.

"Itu adalah panduan panduan para pengemudi baik yang membawa keluarga ataupun tidak membawa supir terpaksa harus mengemudikan kendaraannya sendiri. Patuhi tips aman berkendara ini Insya Allah selamat sampai dengan tujuan mudik," ujarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini