News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Implementasi Program JPS Dinilai Jadi Kunci Keberhasilan Pemerintah Lindungi Kebutuhan Masyarakat

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Malvyandie Haryadi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

JARING PENGAMAN SOSIAL - Pemerintah Kota Tangerang menyalurkan dana jaring pengaman sosial dari pemerintah provinsi Banten untuk warga terdampak Covid-19 di wilayah Kelurahan Panunggangan dan Kelurahan Panunggangan Timur, Kecamatan Pinang, Kamis (16/7/2020). Bantuan langsung tunai tahap 1 gelombang 4 ini diberikan kepada 13.307 penerima sebesar Rp 600 ribu/penerima. (Wartakota/Nur Ichsan)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Program Jaring Pengaman Sosial (JPS) yang digencarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai berjalan efektif.

Program tersebut dinilai menjadi salah satu cara jitu presiden dalam mengentaskan persoalan masyarakat di Tanah Air

Menurut Akdemisi Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP) Universitas Bengkulu (Unib) Dr. Djoenet Santoso JPS era Jokowi ini sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Bahkan dampak positifnya sangat dirasakan masyarakat di kala pandemi seperti saat ini.

Hal demikian dikatakan Djoenet saat menjadi pembicara dalam Seminar Nasional: Efektivitas Jaringan Pengaman Sosial Era Pemerintahan Presiden Jokowi dalam Mengentaskan Kemiskinan di Universitas Bengkulu kemarin.

Baca juga: Menaker Ida Tinjau Kelompok Difabel Penerima Bantuan JPS TKM di Boyolali

Pengentasan kemiskinan, dia melanjutkan, jelas terlihat dari penurunan angka kemiskinan di masyarakat.

Itu artinya sudah linier, imbas kehadiran JPS berbanding lurus dengan jumlah masyarakat miskin yang tercatat semakin berkurang signifikan.

"Berarti sesungguhnya efektif cuma efektivitas itu harus dibarengi dengan kualitas dari penurunan itu. Apakah penurunan itu hanya angka kasarnya saja atau sebenarnya juga kualitas hidup masyarakat naik," kata Djoenet di Bengkulu.

Lebih lanjut dia menyebut berkat hadirnya JPS Jokowi, keberlangsungan hidup masyarakat lebih terjamin. Paling tidak, kata dia, nantinya sudah dapat mencukupi kebutuhan pangan masyarakat sehari-hari.

Djoenet mengumpamakan JPS laiknya suplemen obat-obatan yang dibutuhkan dikala orang sedang sakit. Dengan pemilihan obat yang tepat akan berdampak sebuah kesembuhan bagi orang tersebut.

"Kalau kita sakit, itu kan kita butuh obat. nah JPS itu sebenarnya obat. Jadi untuk pengamanan untuk mengatasi jangka pendek dan secara singkat begitu JPS bagus banget," tutup Djoenet.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini