News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Prakiraan Cuaca

Peringatan Dini BMKG Kamis 16 Juni 2022: 28 Wilayah Terjadi Cuaca Ekstrem Hujan Lebat

Penulis: Oktaviani Wahyu Widayanti
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi Cuaca Ekstrem - Simak peringatan dini BMKG untuk besok, 16 Juni 2022. Terdapat 28 wilayah berpotensi cuaca ekstrem hujan lebat, kilat, serta angin kencang.

TRIBUNNEWS.COM - BMKG menyampaikan informasi mengenai prakiraan cuaca ekstrem untuk besok.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa besok Kamis, 16 Juni 2022, terdapat potensi cuaca ekstrem hujan lebat, kilat, dan angin kencang di beberapa wilayah.

Dikutip dari web.meteo.bmkg.go.id, terdapat 28 wilayah yang berpotensi terjadi hujan lebat disertai kilat atau petir serta angin kencang.

Selain itu BMKG juga menginformasikan mengenai potensi terjadi hujan, kilat atau petir, dan angin kencang di 2 wilayah lainnya, yaitu Nusa Tenggara Timur dan DKI Jakarta.

Baca juga: Peringatan Dini BMKG Kamis, 16 Juni 2022: Hujan Lebat hingga Angin Berpotensi Terjadi di 28 Wilayah

Baca juga: Peringatan Dini Cuaca BMKG Kamis 16 Juni 2022: Sejumlah Wilayah Potensi Hujan Lebat, Petir dan Angin

Bibit Siklon Tropis 94S terpantau di Samudra Hindia barat daya Bengkulu, dengan kecepatan angin maksimum 15 knot dan tekanan udara minimum 1007.6 hPa.

Potensi sistem ini untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam kedepan berada pada kategori rendah dengan arah pergerakan perlahan ke arah barat barat daya.

Sirkulasi Siklonik terpantau di Selat Karimata yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di perairan di Kalimantan Barat dan dari Selat Karimata hingga Bangka Belitung.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang di Aceh, dari Riau hingga Kep. Riau, dari Banten hingga Lampung, dari Laut Jawa bagian barat hingga Selat Karimata, di Sulawesi bagian tengah, di Maluku Utara, Maluku dan di Papua Barat.

Serta daerah pertemuan angin (konfluensi) di Laut Jawa, Sulawesi bagian selatan, Laut Flores, Laut Banda, Maluku bagian selatan dan Laut Arafuru.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Baca juga: Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG Rabu, 15 Juni 2022: Waspada Jawa Timur Hujan Lebat

Baca juga: Peringatan Dini BMKG Rabu, 15 Juni 2022: Hujan Lebat hingga Angin Berpotensi Terjadi di Yogyakarta

Wilayah berpotensi hujan lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang:

- Sumatera Utara

- Riau

- Bengkulu

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini