News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Tanggapan Ganjar Pranowo Namanya Disebut-sebut Calon Menpan RB Gantikan Almarhum Tjahjo Kumolo

Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo disebut-sebut calon Menpan RB gantikan Tjahjo Kumolo.

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG -  Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo buka suara namanya disebut-sebut sebagai kandidat calon Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB).

Lalu apa jawaban Ganjar?

"Saya bereskan tugas di Jateng," tuturnya dikutip dari TribunJateng, Selasa (5/7/2022).

Nama Ganjar mengemuka sebagai bakal calon Menpan RB menggantikan almarhum Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia Jumat pekan lalu.

Pengamat sosial politik Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA), Herry Mendrofa, menilai pengganti Menpan-RB nantinya berasal dari kader PDIP.

Baca juga: Respons Hasto soal Namanya Masuk Bursa Calon Menpan RB, Sebut Fokus ke Tugas dan PDIP Masih Berduka

Selain Ganjar, sejumlah nama berpotensi ditunjuk sebagai Menpan RB adalah Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Bendahara Umum PDIP Olly Dondokambey, Djarot Syaiful Hidayat, dan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Ketika menjelaskan alasan kenapa Ganjar yang berkemungkinan dipilih sebagai pengganti Tjahjo Kumolo, Herry mengatakan pengalaman Ganjar tidak jauh berbeda dengan Ahok dan berkapasitas sebagai Menpan-RB.

“Karena selama ini kan stigma di dalam ini kan seolah-olah Ganjar dipinggirkan, seolah-olah Ganjar disepelekan,” kata Herry dikutip dari Kompas.TV.

“Jadi saya kira ini menjadi win-win solution juga di samping faktor pengalaman, tapi secara psikologis politik tentunya pilihan yang rasional juga bisa jatuh pada seorang Ganjar," ujarnya.

Selain menjadi kepala daerah, Ganjar juga pernah menjadi anggota legislatif yakni anggota Komisi II DPR RI yang membidangi pemerintahan.

Tidak Menguntungkan Ganjar Pranowo

Pengamat Politik M Qodari mengatakan Ganjar memang perlu dipertimbangan sebagai calon Menpan RB karena pengalamannya jadi gubernur dua periode.

"Walaupun menurut saya kalau jadi menteri maka popularitas Ganjar cenderung dan bisa menurun," ujar Qodari kemarin.

Qodari mengatakan panggung utama menuju capres sejak 2019 adalah kepala daerah dan  kepala daerah bisa melakukan perubahan kasat mata dan dalam banyak aspek kehidupan banyak hal yang bisa dikerjakan sehingga menjadi objek pemberitaan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini