News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kemenag Minta Paham Moderasi Beragama Disebarkan Melalui Seni dan Budaya

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Theresia Felisiani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin. Direktur Jenderal Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin mengajak jajarannya menyebarkan paham moderasi beragama kepada masyarakat melalui pendekatan seni dan budaya.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Jenderal Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin mengajak jajarannya menyebarkan paham moderasi beragama kepada masyarakat.

Penyebaran paham moderasi beragama, kata Kamaruddin Amin, dapat melalui pendekatan seni dan budaya.

"Seni dan budaya merupakan salah satu strategi menyampaikan pesan dakwah dan paham keagamaan moderat. Pendekatan seni dan budaya terbukti mendatangkan kebaikan dan kemaslahatan bersama," ujar Kamaruddin Amin melalui keterangan tertulis, Kamis (25/8/2022).

Baca juga: Wamenag Zainut Tauhid Minta Perguruan Tinggi Masifkan Penguatan Moderasi Beragama

Seni dan budaya, menurut Kamaruddin Amin, merupakan instrumen dan sarana menyampaikan pesan-pesan kebaikan, kerukunan, dan kedamaian.

Dirinya menilai hal tersebut sejalan dengan ajaran Islam yang membawa kasih sayang bagi semesta alam.

"Sebagai warga bangsa mari gali potensi seni dan budaya Islam untuk saling menghormati, menghargai, dan mencintai," ucap Kamaruddin Amin.

Baca juga: Sektor Pendidikan Dinilai Jadi Wilayah Strategis untuk Perkuat Spirit Moderasi Beragama

Ia menambahkan, penyampaian pesan dakwah melalui seni lebih mudah diterima masyarakat lantaran seni merupakan bahasa universal.

"Seni merupakan bahasa universal yang bisa digunakan lintas agama, lintas budaya, dan lintas etnis. Semua orang suka dan cinta terhadap seni meski dengan tingkat sensitivitas dan naluri yang berbeda," pungkas Kamaruddin Amin. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini