News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Wapres Berharap Industri Olahraga Tak Hanya Cetak Atlet Berprestasi Tapi Sumbang Pertumbuhan Ekonomi

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wapres Maruf Amin berharap industri olahraga di tanah air tidak hanya mencetak gaya hidup sehat dan atlet berprestasi tapi juga menyumbang pertumbuhan ekonomi.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin yang juga Ketua Tim Koordinasi Pusat Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) menginginkan industri olahraga di tanah air tidak hanya mencetak gaya hidup sehat dan atlet berprestasi.

Menurut Ma'ruf Amin, dunia olahraga Indonesia juga bisa menyumbang pertumbuhan ekonomi.

Hal tersebut disampaikan Wapres saat meresmikan Pembukaan Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) Ke-39 Tahun 2022 di Stadion Batakan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (9/9/2022) malam.

"Visi ini membutuhkan bangunan sinergi pemerintah pusat dan daerah, dunia usaha dan industri, media dan akademisi, serta masyarakat luas, termasuk para atlet dan pelatih," ujar Ma'ruf Amin melalui keterangan tertulis, Sabtu (10/9/2022).

Baca juga: Wapres Ajak Seluruh Stakeholder Gelorakan Olahraga dan Bersama Cetak Juara Di Acara Haornas 2022

Dirinya menuturkan bahwa semangat membangun keolahragaan nasional harus terus digelorakan.

Hal ini, menurut Ma'ruf, memberikan banyak makna dalam kehidupan.

"Olahraga mampu menyatukan perbedaan, karena yang diusung adalah kesetaraan. Olahraga bukan semata soal stamina, melainkan tentang kualitas hidup yang lebih sejahtera," ungkap Ma'ruf.

Selain itu, Ma'ruf menilai olahraga juga mampu membangun kedisiplinan, ketangguhan, sportivitas, dan kerjasama yang seluruhnya berguna dalam kehidupan individu, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

"Olahraga membentuk karakter bangsa, bahkan dapat menjadi sarana penjaga perdamaian dunia," ujarnya.

Tema Haornas tahun ini, adalah “Bersama Cetak Juara”.

Menurut Ma'ruf, tema tersebut menjadi ajakan bagi segenap bangsa Indonesia untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi di bidang olahraga.

"Para generasi muda, ayo terus bergerak, semangat berolahraga. Para orang tua, jangan kalah dengan pemuda. Bersama kita jadikan olahraga bagian dari keseharian, agar masyarakat Indonesia bergaya hidup sehat dan aktif sepanjang hayat," tutur Ma'ruf.

Kemudian kepada para pendidik dan pelatih, Wapres meminta agar terus serius memunculkan bibit talenta olahraga nasional, agar terangkat martabat bangsa melalui raihan prestasi para atlet di kancah dunia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini