News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

kepala Staf Angkatan Laut

Jelang Pelantikan oleh Jokowi, Ini Tantangan yang Harus Dihadapi KSAL Baru

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Endra Kurniawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pengamat militer dari Institute for Security and Strategic Studies (ISSES) Khairul Fahmi dalam podcast Tribun Corner membahas urgensi pembelian pesawat tempur Rafale, Senin (21/2/2022). Ini tantangan yang harus dihadapi KSAL baru menurut pengamat militer jelang dilantik oleh Jokowi, Rabu (28/12/2022).

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut akan melantik Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) hari ini, Rabu (28/12/2022).

Hal ini disampaikannya saat kunjungan ke Pasar Pujasera, Subang, Jawa Barat pada Selasa (27/12/2022).

Jelang pelantikan tersebut, pengamat militer dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS), Khairul Fahmi membeberkan tantangan yang harus dihadapi oleh KSAL baru pengganti Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono.

Khairul mengungkapkan ada empat tantangan utama yang harus dihadapi oleh pengganti Yudo.

Pertama adalah banyaknya celah rawan terkait keamanan wilayah perairan Indonesia akibat keterbatasan alutsista yang dimiliki.

“Adanya celah-celah rawan akibat keterbatasan kekuatan dan kemampuan alutsista baik armada kapal, radar, dan persenjataan, terutama untuk patroli pengawasan dan penghadangan, mengingat wilayah perairan yang begitu luas,” ujarnya saat dihubungi Tribunnews.com.

Baca juga: Panglima TNI Konfirmasi Pelantikan Laksdya Muhammad Ali Sebagai KSAL di Istana Pagi Ini

Kedua, minimnya efek deteren atau alat pencegahan lantaran belum tercapainya target kekuatan pokok minimum (MEF) melalui upaya peremajaan dan modernisasi alutsista TNI AL.

Ketiga, Khairul juga mengatakan masih adanya ketidakonsistennya terkait tugas dan fungsi pokok (tupoksi) dari antar lembaga di TNI AL.

“Masih adanya tumpang tindih kewenangan terutama dalam hal penegakan hukum dan keamanan di laut sebagai akibat belum selarasnya payung hukum antarlembaga maupun antara hukum nasional dan internasional.

Terakhir, Khairul menilai tantangan terkait sumber daya manusia (SDM) prajurit masih ada kesenjangan untuk menghadapi bentuk peperangan masa depan.

Jokowi Sebut KSAL Baru dari Perwira Bintang Tiga

Presiden Joko Widodo berjabat tangan dengan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono saat acara pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/12/2022). Presiden Joko Widodo melantik Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa.?TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Seusai pelantikan Yudo menjadi Panglima TNI pada 19 Desember 2022 lalu, Jokowi menyebut bahwa penggantinya adalah perwira tinggi bintang tiga dan bukan bintang dua atau bintang satu.

Sehingga jika merujuk pada pernyataan Jokowi itu ada sembilan perwira bintang tiga AL yang masih aktif pada saat ini baik dari organisasi Angkatan Laut, TNI, maupun kementerian/lembaga.

Sehingga sosok perwira bintang tiga AL saat ini yang kemungkinan ditunjuk menjadi KSAL adalah Laksamana Madya Ahmadi Heri Purwono (Wakil KSAL), Laksamana Madya Herru Kusmanto (Pangkoarmada RI), Laksamana Madya Nurhidayat (Komandan Pushidrosal), Letnan Jenderal (Mar) Suhartono (Komandan Kodiklatal), Laksamna Madya Amarulla Octavian (Rektor Universitas Pertahanan).

Baca juga: Jokowi Lantik KSAL Pengganti Yudo Margono Hari Ini, 6 Perwira Tinggi Ini Jadi Kandidat Potensial

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini