News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Reshuffle Kabinet

Jawaban Budi Waseso Soal Menteri Pertanian Tak Diundang Presiden Jokowi saat Bahas Beras di Istana

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas) di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (31/1/2023).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak mengundang Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo saat rapat membahas beras di Istana Kepresidenan menuai tandai tanya.

Apalagi, kader Partai NasDem itu tak diundang mendekati isu reshuffle.

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas) mengaku tak mengetahui alasan Mentan Syahrul Yasin Limpo tak diundang Jokowi. Menurutnya, keputusan itu merupakan kewenangan Jokowi.

"Loh jangan tanya saya dong. Kan saya gak tau," kata Buwas di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (31/1/2023).

Namun begitu, Buwas menyatakan bahwa tidak diundangnya Mentan Syahrul Yasin Limpo bisa saja karena materi yang dibahas Jokowi adalah operasi pasar. Adapun leading sektor dalam hal ini adalah Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI.

"Ini kan operasi yang dimaksud Pak Presiden tadi, ini bagaimana melaksanakan operasi pasar. Operasi pasar kan stabilisasinya ada di Kemendag nih. Bulog pelaksananya. Badan pangan nasional yang pegang regulasinya itu. Ya itu aja mungkin (alasannya). Jadi jangan kemana-mana pikirannya," jelasnya.

Lebih lanjut, Buwas menambahkan bahwa Mentan Syahril Limpo tak diundang karena Kementerian Pertanian hanya fokus kepada pendistribusian.

"Karena Mentan kan produksinya. Yang itu tadi kan yang diutamakan Presiden kan pendistribusiannya ya kita bertiga yang tanggung jawab pendistribusiannya ini," jelasnya.

Di sisi lain, Buwas menegaskan Presiden Jokowi pun tidak membahas soal reshuffle saat dirinya diundang ke istana.

"Enggak enggak (reshuffle)," tukasnya.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah pejabat datang ke Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, (31/1/2023) di tengah bergulirnya isu perombakan kabinet.

Mereka yang hadir di antaranya, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Kepala Bulog Budi Waseso, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto, dan lainnya.

Kedatangan mereka untuk rapat internal bersama Presiden membahas sejumlah topik.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini