News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Polisi Tembak Polisi

Bharada E Dieksekusi ke Lapas Salemba, Ditjenpas Bakal Terus Koordinasi dengan LPSK

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Adi Suhendi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Terpidana kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat, Richard Eliezer atau Bharada E telah dieksekusi ke lembaga pemasyarakatan (Lapas) Cipinang.

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Terpidana kasus pembunuhan berencana Brigadir Yosua Hutabarat alias Brigadir J, Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E telah dieksekusi ke lembaga pemasyarakatan (Lapas) Cipinang.

Bharada E dieksekusi setelah hukuman pidana 1 tahun 6 bulan yang dijatuhkan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, dinyatakan inkracht atau berkekuatan hukum tetap.

Terkait eksekusi Bharada E itu, Koordinator Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (DitjenPAS) Kemenkumham Rika Aprianti menyatakan, pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

"Penempatan RE selalu berkoordinasi dan bekerjasama dengan LPSK dan APH (aparat penegak hukum, red)," kata Rika dalam keterangannya kepada awak media, Senin (27/2/2023).

Hal itu didasari mengingat Bharada E merupakan terpidana yang berstatus sebagai justice collaborator atau pelaku yang bekerjasama dengan aparat penegak hukum dalam mengungkap suatu perkara.

Baca juga: Istri Hendra Kurniawan Bandingkan Vonis Suaminya dengan Bharada E, Singgung soal Peran: Bahaya Ini

Tak hanya itu, Rika juga memastikan, penempatan Bharada E di Lapas Salemba juga merupakan rekomendasi dari LPSK.

Penempatan tersebut dilihat dipertimbangkan dari aspek pengamanan dan pembinaan terhadap Bharada E.

"Penempatan di Lapas Salemba , selain sesuai rekomendasi LPSK, juga dengan memperpertimbangkan Pengamanan, Pembinaan, Pemberian hak-hak dasar dan hak-hak bersyarat," kata Rika.

Kendati demikian, hingga saat ini, LPSK belum dapat memastikan apakah nantinya mereka akan menurunkan tim untuk menjaga Bharada E di Lapas Salemba.

Baca juga: Ditjen PAS Ungkap Pertimbangan Tempatkan Bharada E di Lapas Salemba, Dipindahkan Secara Diam-diam

Sebab hingga kini kata Wakil Ketua LPSK Susilaningtias, pihaknya masih menunggu proses registrasi dari Bharada E di Lapas Salemba selesai.

"Nanti setelag proses registrasi dan asesmen Richard selesai, nanti saya info," kata Susilaningtias.

Sebagai informasi, Richard Eliezer alias Bharada E resmi berstatus narapidana Lapas Kelas IIA Salemba per Senin (27/2/2023).

Diketahui pada Senin siang tadi Bharada E dibawa dari Rutan Bareskrim Polri ke Lapas Kelas IIA Salemba, Jalan Percetakan Negara, Rawasari, Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Baca juga: AKP Irfan Widyanto Divonis 10 Bulan Penjara dan Denda Rp 10 Juta, Lebih Rendah dari Bharada E

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini