News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Sejarah Hari Susu Sedunia atau World Milk Day 1 Juni

Penulis: Widya Lisfianti
Editor: bunga pradipta p
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Peringatan Hari Susu Sedunia juga dimanfaatkan sebagai ajang mempromosikan sektor susu sebagai bagian penting dari sistem pangan global.

TRIBUNNEWS.COM - Setiap tanggal 1 Juni, dunia memperingatinya sebagai Hari Susu Sedunia atau World Milk Day.

Peringatan tersebut dilaksanakan sejak tahun 2001.

Dikutip dari unmul.ac.id, Hari Susu Sedunia ditetapkan oleh badan organisasi multinasional yang berada di bawah naungan organisasi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), yaitu Food Agriculture Organization atau Badan Pangan dan Pertanian (FAO).

Penetapan tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan betapa pentingnya manfaat susu sebagai bahan pangan dan merayakan sektor susu.

Peringatan Hari Susu Sedunia juga dimanfaatkan sebagai ajang mempromosikan sektor susu sebagai bagian penting dari sistem pangan global.

Pasalnya, sektor susu mempunyai peran besar dalam perkembangan ekonomi, yaitu menyediakan mata pencaharian lebih dari satu miliar orang.

Baca juga: Makanan Tinggi Protein untuk Mencegah Stunting: Susu, Daging hingga Telur

Selain itu, FAO berharap dengan diperingatinya Hari Susu Sedunia ini, masyarakat global lebih banyak mengonsumsi susu dan produk turunannya.

Lantaran, dalam lingkup internasional masih banyak orang yang menyepelekan atau bahkan tidak tahu betapa besar manfaat susu untuk tubuh.

Susu mengandung banyak zat gizi penting dan nutrisi alami yang sangat bermanfaat, diantaranya kalsium, vitamin D, vitamin A, zinc, zat besi, tiamin, asam amino, dan berbagai zat gizi penting lainnya yang dibutuhkan tubuh.

Berikut adalah manfaat susu sapi, dikutip dari laman Provinsi Sumatra Barat:

1. Susu memberikan nutrisi alami yang seimbang.

Susu mengandung komposisi protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral yang pas dan dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh manusia.

2. Susu mengandung sembilan zat gizi penting yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, yaitu :

– Kalsium : berperan membangun dan menjaga kesehatan gigi dan tulang

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini