News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Jokowi Ingin Upacara HUT RI 2024 di IKN, Kini Pembangunan Sudah Capai 37 Persen

Penulis: Rifqah
Editor: Sri Juliati
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Jokowi ingin upacara 17 Agustus pada 2024 mendatang rencananya akan dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan upacara 17 Agustus pada 2024 mendatang akan dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

"Insyaallah, tahun depan Insyaallah (upacara HUT RI) sudah di IKN. Kita lihat nanti," ujar Jokowi, dikutip dari YouTube Kompas TV, Jumat (18/8/2023).

Jokowi pun mengaku bahwa dirinya juga menginginkan upacara 17 Agustus bisa dilaksanakan di IKN.

"Saya pengen," kata Jokowi.

Adapun, pembangunan IKN yang terkini semakin menunjukkan perkembangan yang masif.

Saat ini, progres pembangunan IKN sudah mencapai sekitar 37 persen by now yang mencakup progres kegiatan pembangunan sejak dari 2022.

Di antaranya adalah Bendungan Sepaku Semoi, Intake air dari Sungai Sepaku, Istana Negara, Kantor Presiden, Kantor Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Kantor Kementerian Keuangan (Kemenkeu), empat kawasan Kantor Kementerian Koordinator (Kemenko), dan Rumah Tapak Menteri.

Baca juga: Tahun Depan, Pemerintah Anggarkan Rp 40,6 Triliun untuk Pembangunan IKN

Selain itu, juga mencakup semua infrastruktur dasar, seperti jalanan, air minum, air limbah, pengelolaan sampah dan akses-akses berbagai kegiatan pembangunan.

"Saya ngomong akses, karena pembangunan (Kawasan Inti Pusat Pemerintahan) sekarang sudah tidak lagi di wisata pada kawasan satu A (nama area) saja, tapi sudah ke satu B dan satu C," jelas Deputi Bidang Sarana dan Prasaran OIKN, Silvia Halim, Kamis (17/8/2023), dikutip dari TribunKaltim.co.

"Jadi akses menuju ke kawasan satu B itu sudah dimulai (dan masuk cakupan pada 37 persen progres pembangunan IKN)," imbuhnya.

Sementara itu, realistis di kawasan 1 A di sekitar Sumbu Kebangsaan IKN membentang panjangnya dari Istana Presiden sampai Titik Nol IKN.

Di sana, sudah berdiri Rumah Tapak Menteri, Kantor Kemenko, dan beberapa pembangunan untuk komersial seperti mal serta tempat makan.

Selain itu, ada juga tempat entertainment seperti plaza publik, taman, botanical garden, dan lain sebagainya.

Pembangunan IKN Dinilai Mampu Dorong Perekonomian Kalimantan

Menteri Keuangan Sri Mulyani - Presiden Jokowi ingin upacara 17 Agustus pada 2024 mendatang rencananya akan dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. (HANDOUT)
Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini