News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Harta Kekayaan Maruli Simanjuntak, Dilantik Jadi KSAD, Capai Rp52,8 Miliar

Penulis: Muhamad Deni Setiawan
Editor: Pravitri Retno W
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Letjen Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Rabu (29/11/2023) di Istana Kepresidenan, Jakarta. Maruli Simanjuntak resmi dilantik oleh Presiden Jokowi sebagai KSAD TNI di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11/2023). Ini jumlah harta kekayaannya.  

TRIBUNNEWS.COM - Letnan Jenderal (Letjen) Maruli Simanjuntak resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) TNI di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11/2023).

Maruli dilantik untuk menggantikan pendahulunya, Jenderal Agus Subiyanto, yang diangkat menjadi Panglima TNI pada pekan lalu.

Pelantikan ini didasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 103/TNI Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat.

Baca juga: Momen Luhut Binsar Pandjaitan Teteskan Air Mata usai Maruli Simanjuntak Dilantik Jokowi Sebagai KSAD

“Bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara."

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” ujar Presiden Jokowi mendiktekan sumpah jabatan kepada Maruli.

Selepas pengucapan sumpah jabatan, Presiden Jokowi dan Maruli menandatangani berita acara pelantikan KSAD dengan disaksikan oleh Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Letnan Jenderal (Letjen) Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) TNI. (Tribunnews.com/Taufik Ismail)

Harta Kekayaan Maruli

Sebelumnya, Maruli Simanjuntak menjabat sebagai Panglima Kostrad (Pangkostrad) TNI AD.

Setelah dilantik, kini ia memperoleh kenaikan pangkat satu tingkat dari Letjen TNI menjadi Jenderal TNI.

Ketika menjabat sebagai Pangkostrad, Maruli melaporkan harta kekayaannya pada 31 Maret 2023.

Berdasarkan data dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang diterbitkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Maruli memiliki kekayaan sebesar Rp52.889.538.310 miliar.

Kekayaan itu terdiri dari harta tanah dan bangunan senilai Rp23.222.909.095 miliar.

Ia diketahui memiliki tanah dan bangunan sebanyak 13 yang tersebar di berbagai kota.

Antara lain di Kota Bandung, Kota Jakarta, Kota Buleleng, Kota Bogor, hingga Kota Rote Ndao.

Kemudian, Maruli memiliki alat transportasi dan mesin sebanyak empat buah.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini