News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Plus Minus Jenderal Maruli Simanjuntak Dilantik Jadi KSAD TNI Menurut Pengamat Militer

Penulis: Gita Irawan
Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Letnan Jenderal (Letjen) Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) TNI.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Letnan Jenderal (Letjen) Maruli Simanjuntak resmi dilantik sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal Agus Subiyanto yang kini menjabat sebagai Panglima TNI.

Maruli dilantik di Istana Negara Jakarta pada Rabu (29/11/2023) hari ini.

Kepala Center for Intermestic and Diplomatic Engagement (CIDE) sekaligus pengamat militer Anton Aliabbas menilai dengan usia pensiun Maruli yang cukup panjang maka ada plus dan tantangannya.

Plusnya, kata dia, Maruli punya cukup waktu untuk memimpin TNI AD serta punya kans sebagai pengganti Agus di tahun 2025.

"Tantangannya tentu saja adalah bagaimana pengelolaan pembinaan karir prajurit dimana senior yakni angkatan 1989-1991 masih cukup banyak," kata Anton saat dihubungi Tribunnews.com pada Rabu (29/11/2023).

"Potensi terjadinya bottle neck menjadi membesar jika tidak disikapi dengan perencanaan dan kebijakan yang baik," sambung dia.

Penunjukkan tersebut, menurutnya, jelas semakin membuka dugaan adanya ketidakpercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada birokrasi pemerintahan dalam situasi politik yang tidak menentu ini sehingga kemudian menempatkan semua orang kepercayaan pada jabatan kunci.

Implikasinya, kata dia, adalah beban Maruli akan semakin berat untuk ikut menjaga netralitas TNI AD.

Mengingat Maruli lebih banyak pengalaman di pasukan tempur, lanjut dia, maka pekerjaan rumah utama yang harus ditangani adalah bagaimana meningkatkan kesiapan (readiness) TNI AD.

"Di tengah geopolitik yang tidak menentu, peningkatan kesiapan TNI AD menjadi krusial. Kecakapan dan pengalaman Maruli akan diuji dalam menyelesaikan pekerjaan rumah ini," sambung dia.

Dilantik Presiden

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Letnan Jenderal (Letjen) Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11/2023).

Sebelumnya Maruli menjabat sebagai Panglima Kostrad (Pangkostrad).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini