News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Cimahi, Karawang dan Purwakarta Dilanda Banjir dan Tanah Longsor, Puluhan Warga Mengungsi

Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Warga kesulitan melintas karena jalanan diterjang banjir di sejumlah wilayah di Kota Cimahi. Sejumlah rumah warga mengalami kebanjiran dan jadi korban tanah longsor, dan angin kencang, Sabtu (6/1/2024).

TRIBUNNEWS.COM - Sejumlah daerah di Jawa Barat dilanda bencana alam banjir, longsor dan angin badai memasuki musim hujan dengan intensitas lebih lebat di awal Januari 2024 ini.

Sejumlah wilayah di Kota Cimahi misalnya, sejumlah rumah mengalami kebanjiran dan jadi korban tanah longsor, dan angin kencang, Sabtu (6/1/2024).

Banjir menerjang sejumlah titik di Kota Cimahi dan merendam sejumlah rumah hingga memutus arus lalu lintas dan menyebabkan kemacetan yang cukup parah di beberapa ruas jalan.

Banjir besar juga terjadi di Kabupaten Karawang. Sebanyak 1.643 jiwa mengungsi dan saat ini tercatat sekitar 100 hektare area pertanian terendam banjir.

Banjir yang menggenangi empat kecamatan dan lima desa tersebut terjadi sejak 1 Januari 2024 dengan tinggi antara 10 centimeter hingga 250 centimeter.

Sementara di Kabupaten Purwakarta, puluhan warga mengungsi karena rumahnya jadi korban longsor.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi, Fitriandy Kurniawan mengatakan, berdasarkan laporan dari masyarakat, untuk banjir terjadi di Jalan Martasik, RT 03 dan 05, RW 14, Kelurahan Cipageran.

"Dampaknya 2 unit rumah terendam dengan tinggi muka air 30 sentimeter, 2 unit rumah terendam dengan tinggi muka air 90 sentimeter, tembok rumah jebol dan 1 kirmir jebol," ujarnya saat dihubungi, Minggu (7/1/2024).

Kemudian banjir juga menerjang Kampung Anggaraja, RT, 01/07, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara hingga menyebabkan 4 unit rumah warga terendam dengan tinggi muka air sekitar 50 sentimeter.

"Selain itu, banjir juga menerjang RW 07, Kelurahan Citeureup akibat TPT jebol sehingga menyebabkan air meluap ke jalan dan 7 unit rumah terendam," kata Andy.

Baca juga: Hujan Deras dan Kali Ciliwung Meluap, 4 RT di Kampung Melayu Masih Terendam Banjir

Bencana banjir juga merendam Jalan Amir Machmud, Cimindi, dan Jalan Mahar Martanegara yang sudah menjadi langganan banjir saat turun hujan deras akibat drainase buruk hingga menyebabkan air meluap.

"Untuk penyebab banjir, selain karena turun hujan deras juga disebabkan karena kondisi drainase tidak berfungsi optimal terjadi sedimentasi yang menyebabkan drainase dangkal dan menyempit," ucapnya.

Andy mengatakan, selain banjir terjadi bencana longsor di gang Bapak Madi, RT 04/19, Kelurahan Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara yang berdampak pada satu unit rumah yang dihuni 6 jiwa.

Baca juga: 3 Warga yang Melintas di Jalan Wisata Telaga Sarangan Magetan Terseret Material Longsor

"Kemudian angin kencang terjadi di Kampung Cikendal, RT 1/4, Kelurahan Cipageran yang menyebabkan atap rumah berterbangan terbawa angin. Beruntung tidak ada korban jiwa dari semua kejadian bencana alam itu," ujar Andy.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini