News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kunjungi SMA Labschool Cibubur, 3 Dubes Negara Frankofon Tinjau Program France Track

Penulis: Reza Deni
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Tiga dubes negara Frankofon, yakni Prancis, Tunisa, dan Siprus saat berfoto bersama jajaran SMA Labschool Cibubur, Jakarta Timur.

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak tiga duta besar (dubes) dari negara-negara Frankofon yaitu dubes Prancis untuk Indonesia Fabien Penone, dubes Tunisia untuk Indonesia Wissem Moatemri, dan dubes Cyprus untuk Indonesia Nikos Panayiotou mengunjungi SMA Labschool Cibubur, Jakarta Timur.

Kunjungan tiga duta besar negara tersebut dilakukan untuk melihat best practices program France Track yang hanya dimiliki oleh SMA Labschool Cibubur. 

Adapun France Track merupakan sebuah program dwibahasa yang dijalankan SMA Labschool Cibubur dimana peserta didik yang lulus dariprogram ini akan memiliki kompetensi tambahan yaitu bahasa Prancis.

"Indonesia ini negara besar yang mengembangkan hubungan internasionalnya dengan aktor global sehingga bagi pelajar Indonesia. Mereka akan memiliki banyak kesempatan di masa depan tidak hanya untuk belajar di luar negeri, tetapi juga bekerja di organisasi internasional hingga lembaga multilateral," kata Penone dalam keterangannya, Minggu (24/3/2024).

Adapun SMA Labschool Cibubur menjadi satu-satunya sekolahyang telah ditunjuk oleh kedutaan Besar Prancis untukmenjalankan program tersebut sejak tahun 2019.

Prof. Dr. Arief Rachman selaku Tokoh Pendidikan Nasional sekaligus Penasihat Labschool YP-UNJ mengatakan Labschool sangat terhormat atas kedatangan dubes dari negara-negara tersebut. 

"Kami berupaya untuk dapat menghadirkan peserta didik yang memiliki pemikiran yang global tapi tetap tidak meninggalkan akar budaya bangsa Indonesia," kata Arief.

Pada kesempatan itu, para siswa program France Track SMA Labschool Cibubur berkesempatan melakukan tanya jawab kepada para duta besar tersebut dengan menggunakan bahasa Prancis. 

Diskusi ini sekaligus menunjukkan kemampuan bahasa Prancis siswa program France Track ini di hadapan para dubes frankofon tersebut. 

Sementara itu, dalam sambutannya, Kepala SMA Labschool Cibubur, Dr. Ali Chudori mengatakan bahwa Program France Track adalah sebuah upaya untuk menjadikan siswa di SMA Labschool Cibubur sebagai bagian dari Global Citizenship di tengah semakin terbukanya dunia pada hari ini. 

"Dengan adanya program France Track ini, siswa memiliki keterampilan tambahan di samping keterampilan yang mereka miliki pada hari ini dan itu menjadi tambahan bagi mereka kelak”, tambah Ali 

Di kesempatan yang sama Asdineri Ruslim selaku kepala BPH Labschool Cibubur mengatakan bahwa kedatangan tiga duta besar ini memberikan kekuatan tersendiri bagi Program France Track.

Baca juga: Menerima Pelajar Teladan, Ketua MPR RI Bamsoet Dukung Event SKYNATION 2024 SMA Labschool Kebayoran

"Sekaligus menambah semangat bagi siswa untuk dapat terus meningkatkan kemampuan mereka dalam mempelajari bahasa Prancis," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini