News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Perguruan Tinggi Berperan Dorong Lulusannya Terserap di Dunia Kerja

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Malvyandie Haryadi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi mahasiswa. Rektor Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Prof Yuda Turana mengatakan selama ini masih terdapat masalah dalam serapan tenaga kerja pada lulusan perguruan tinggi.

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rektor Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Prof Yuda Turana mengatakan selama ini masih terdapat masalah dalam serapan tenaga kerja pada lulusan perguruan tinggi.

Dirinya mengatakan perguruan tinggi berpean dalam membantu lulusannya terserap di dunia kerja.

"Problem mahasiswa menjelang kelulusan yaitu adanya ketakutan untuk melangkah memulai perjalanan
karir," ucap Yuda melalui keterangan tertulis, Jumat (17/5/2024).

Yuda mengungkapkan UAJ mendapatkan dengan prestasi sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik se Indonesia dalam kategori Employability versi QS Rank 2024.

Menurut Yuda, prospek kerja bagi lulusan UAJ menjadi perhatian utama kampus. Sehingga berbagai program telah dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi lulusan yang kompeten dan berkualitas.

"Atma Jaya terus berupaya agar mahasiswa dapat mudah dan cepat dalam mencari pekerjaan. Komitmen ini diwujudkan melalui berbagai kerja sama erat yang dibangun dengan berbagai perusahaan, industri, organisasi, komunitas, dan pemerintahan. Hal ini sejalan dengan prestasi yang diraih oleh UAJ
sebagai PTS terbaik dalam kategori Employability versi QS Rank 2024," kata Yuda.

Melalui program magang, praktik, proyek, aktivitas pendampingan, dan berbagai program lainnya, mahasiswa UAJ dapat memperkuat pengetahuan yang mereka peroleh di kelas secara langsung sebelum terjun ke dunia kerja.

Berbagai program pendampingan juga dibuat untuk menjaga kualitas lulusan UAJ. 

Adapun berbagai program pendampingan yang dibentuk seperti career coaching, program leadership, program pendampingan kompetisi seperti Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM), berbagai workshop, konseling, dan berbagai program lainnya. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini