News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Masifkan EV Ecosystem Melalui Test Drive Kendaraan Listrik di Bali

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama Enhancing Readiness for The Transition to Electric Vehicles (ENTREV) menggelar test drive kendaraan listrik di Bali belum lama ini.

Laporan Wartawan Tribunnews.com Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Minimnya kesadaran manfaat menggunakan kendaraan listrik masih menjadi kendala pengembangannya.

Diperlukan dorongan dan sosialisasi yang masif kendaraan listrik ini misalnya dengan melakukan test drive kendaraan listrik.

Fakta ini menjadi dasar Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama Enhancing Readiness for The Transition to Electric Vehicles (ENTREV) menggelar test drive kendaraan listrik di Bali belum lama ini.

Kepala Bidang Angkutan Jalan Dinas Perhubungan Provinsi Bali I Nyoman Sunarya mengatakan, test drive kendaraan listrik ini mampu mendorong awareness masyarakat terhadap kendaraan listrik.

"Upaya ini merupakan kolaborasi yang apik dalam mendukung target pemerintah mencapai net zero emission," kata I Nyoman Sunarya dalam keterangan tertulis, Rabu (17/7/2024).

Test drive juga akan memberikan pengalaman lebih baik kepada calon pelanggan kendaraan motor listrik, khususnya pegawai Pemerintah Provinsi Bali dalam menjalankan kegiatan sehari-hari.

Sekretaris Dinas Ketenagakerjaan & ESDM Provinsi Bali Ida Bagus Surja Manuaba juga menilai penggunaan kendaraan listrik ini bisa menjadi percontohan bagi masyarakat agar semakin yakin untuk beralih.

Apalagi saat ini seluruh infrastruktur sudah semakin lengkap memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Semoga motor listrik di masing masing OPD juga bisa dipergunakan sebaik baiknya," kata Kata Bapak Ida Bagus Surja.

National Project Manager ENTREV Boyke Lakaseru mengatakan, kolaborasi pemerintah pusat dengan pemda ini selaras juga untuk menjalankan Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 8 tahun 2023 mengenai pengurangan emisi karbon melalui penggunaan transportasi ramah lingkungan.

Baca juga: Aion Kenalkan Mobil Listrik Hyptec HT di GIIAS 2024, Dibanderol Mulai Rp 685 Juta

"Ini merupakan kegiatan dan langkah nyata pemerintah daerah dalam mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia," kata Boyke.

Untuk test drive disediakan 4-5 unit motor listrik dalam mendukung seluruh kegiatan pegawai selama kurun waktu satu minggu, dimulai dari Jumat 12 Juli hingga Jumat depan 19 Juli 2024 mendatang.

Kegiatan test drive ini akan dilaksanakan di 6 OPD Provinsi Bali diantaranya, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Bali, Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Bali, Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Provinsi Bali, Dinas Pekerjaan Umum Penata Ruangan Perumahan dan Kawasan Pemukiman Provinsi Bali, Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Bali dan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Bali.

Ia menjelaskan harapannya dengan adanya uji coba berkendara ini agar seluruh pegawai pemerintah dapat memahami cara menggunakan KLBB dengan merasakan langsung manfaat penggunaannya.

"Sehingga, diharapkan Provinsi Bali dapat meningkatkan pengguna kendaraan listrik dan mengembangkan ekosistem KLBB khususnya dalam hal infrastruktur Stasiun Pengisian Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU)" kata Boyke.

Adapun pihak penyedia motor listrik & motor konversi yang turut mendukung kegiatan ini adalah PT Sentrik Bali, Ride Sharing PT Oyika Indonesia, PT Electra Auto Indonesia (Alva), PT Selis Center Provinsi Bali, Electric Wheels Provinsi Bali, PT Nas OTO.

Kemudian PT Sarana Kencana Mulya (Polytron) Provinsi Bali, PT Sadhana Motor Pekutatan, PT SR Electric, PT Optima Integra Teknika, PT Volta Bali, PT Moseli 888.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini