News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Shopee Serap Ribuan Tenaga Kerja Lokal dari Solo, Kota Budaya Dianggap Miliki SDM Berkualitas

Editor: Garudea Prabawati
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Dialog bertajuk ‘Pengetan Kamardikan Indonesia 2024’ yang diselenggarakan di Candi Ratna Pura Mangunegaran, Kota Solo, Jumat (26/7/2024). Tampak dihadiri Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya taau KGPAA Mangkunegara X yang juga akrab disapa Gusti Bhre. (ISTIMEWA)

TRIBUNNEWS.COM - eCommerce Shopee menyerap ribuan karyawan dari Solo, Jawa Tengah.

Hal ini dilakukan lantaran Shoppe melihat Solo menjadi kota yang memiliki ekosistem digital juga dengan didukung adanya kualitas sumber daya manusia (SDM).

Shopee pun kini telah memfokuskan operasional salah satunya di Solo,  dan telah merekrut lebih dari 1.000 karyawan atau menyerap tenaga kerja lokal.

Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Christin Djuarto menyebut kini Shopee memiliki dua kantor di Solo.

”Jadi, kita ada kantor di Solo Paragon di samping mallnya, dan juga kantor di Solo Technopark. Kalau saya lihat dari sekarang, kita sudah punya ribuan karyawan juga di Solo. Ini penyerapan tenaga kerja dari Solo dan sekitarnya juga di sini. Semoga ini bisa kita kembangin terus. Sejauh ini kita lihat kualitas dari talenta di sini itu sangat baik,” ujarnya,  saat menghadiri dialog bertajuk ‘Pengetan Kamardikan Indonesia 2024’ yang diselenggarakan di Candi Ratna Pura Mangunegaran, Kota Solo, Jumat (26/7/2024).

Diketahui dalam acara bertajuk ‘Pengetan Kamardikan Indonesia 2024’ ini, hadir juga Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya taau KGPAA Mangkunegara X yang juga akrab disapa Gusti Bhre.

Christin mengatakan, kota Solo punya daya tarik tersendiri, termasuk talenta digital Solo yang berkualitas dan berkarakter, menunjang performa perusahaan di mata konsumen.

Selain itu yang kedua, dari sisi infrastruktur, ekosistem digital di kota Solo sudah sangat mendukung operasional Shopee selama ini.

Inisiatif Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menata kembali area Solo Technopark, membuat banyak perusahaan, termasuk Shopee membenamkan investasi lebih jauh lagi.

Setidaknya berdasarkan catatan, sudah ribuan karyawan Shopee berkantor di dua gedung yakni di Sembrani dan Gumarang, yang berada di area Solo Technopark, sekaligus menjadi pusat riset dan pengembangan dengan fokus inovasi teknologi (Tech-Hub).

“Untuk talenta di sini, juga kita jujur lihat kualitasnya sangat luar biasa. Dari segi talenta di sini, dari segi mentalitas untuk customer experience-nya sangat luar biasa. Jadi Shopee sendiri sangat mementingkan user experience dan di sini sudah naturally memperhatikan menjaga customer itu seperti apa. Dan lainnya. Dan kita ingin mengembangkan lebih besar lagi,” ujar Christin.

Baca juga: Content Creator Willie Salim Siap Pandu Shopee Live Perdana dengan Diskon Menarik

Menurut Christin, sedianya Shopee turut berinvestasi di berbagai daerah lainnya, sembari melihat berbagai potensi ke depannya. Investasi juga mempertimbangkan, para pelaku usaha atau UMKM yang memiliki dampak. 

Dampak yang dimaksud bagaimana pelaku UMKM ikut memberdayakan masyarakat di sekitarnya untuk tumbuh dan maju bersama-sama. 

(*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini