News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Terungkap Mengapa 30 Calon Anggota Kompolnas Gagal di Tahap Administrasi, karena Coba-Coba

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua Pansel Kompolnas, Hermawan Sulistyo (kiri) dan Sekretaris sekaligus anggota pansel Kompolnas, Yenti Garnasih (kanan) memberikan keterangan terkait proses seleksi calon anggota Kompolnas periode 2024-2028 pada tahap tes tertulis di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (30/6/2024).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 30 orang dinyatakan tidak lolos proses seleksi awal calon anggota Kompolnas periode 2024-2028.

Sebab tercatat hanya 107 dari 137 orang pendaftar calon anggota Kompolnas yang mengikuti tahap seleksi selanjutnya yakni tes tertulis.

Sekretaris sekaligus anggota Pansel Kompolnas, Yenti Garnasih mengungkap puluhan orang itu tidak lolos pada tahap administrasi.

"Di tahap seleksi administrasi dan kebanyakan adalah administrasi yang menyeleksi adalah pansel, bukan sekretariat Kompolnas," kata Yenti kepada wartawan di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (30/6/2024).

Baca juga: Peserta Tes Tertulis Calon Anggota Kompolnas Terancam Tak Lolos & Pidana Jika Ketahuan Menyontek

Yenti mengatakan mayoritas gagalnya puluhan orang menjadi calon anggota Kompolnas itu karena coba-coba.

"Yang tidak terpenuhi kebanyakan, mungkin coba-coba dan itu selalu ada, ada yang umur 24, 31 tahun, tapi bagus juga. Itu berarti ngetes panselnya beneran apa tidak, gitu kan ya? Makanya kita sangat lihat itu ya," ucapnya.

Bahkan, disebutkan jika para pendaftar tersebut ada juga yang tidak mempunyai Kartu Tanda Penduduk (KTP).

"Angka 137 dikurangi 30 tuh sangat bagus sekali. Ada yang dikurangi jauh sekali tapi pertanggungjawabannya kan berat," tuturnya.

Sebelumnya, Panitia seleksi (pansel) Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) resmi menutup pendaftaran calon anggota Kompolnas periode 2024-2029.

Ketua Pansel, Hermawan Sulistyo mengatakan sebanyak 137 orang mendaftar dari periode pendaftaran yang dibuka mulai 27 Juni hingga 19 Juli 2024.

"Penutupan pendaftaran calon anggota Kompolnas periode 2024-2028 ditutup 19 Juli 2024. Ada 137 orang yang tercatat mendaftar," kata Hermawan dalam keterangan tertulis, Sabtu (20/7/2024).

Dari ratusan orang yang mendaftar tersebut, Hermawan mengatakan 37 orang merupakan pakar kepolisian. Sedangkan 100 orang lainnya merupakan tokoh masyarakat.

Baca juga: 30 Peserta Calon Anggota Kompolnas Dinyatakan Gagal Seleksi Administrasi, Ini Penyebabnya

Lebih lanjut, dia menyebut pihaknya tengah melakukan seleksi administrasi dari 137 pendaftar.

Setelah itu, nantinya akan ada tahap pelaksanaan tes tertulis dan pembuatan makalah. Lalu ada tahap tes kesehatan dan kejiwaan.

"Pengumuman hasil seleksi administrasi dilakukan pada tanggal 23 Juli 2024," ujarnya.

"Kemudian dilanjutkan dengan tahap tes assessment serta potensi akademik. Setelah itu, calon anggota akan menjalani tes wawancara," tambah Hermawan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini