News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Penangkapan Terduga Teroris

Pelajar Terduga Teroris di Kota Batu Niat Lakukan Aksi Bom Bunuh Diri Secara Lone Wolf

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Mabes Polri melakukan penggeledahan rumah seorang terduga teroris di Perumahan Bunga Tanjung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur, Kamis (1/8/2024). Petugas masih melakukan penggeledahan dan membawa sejumlah barang bukti. SURYA/PURWANTO

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Densus 88 Antiteror Polri mengatakan HOK (19), terduga teroris berstatus pelajar ingin lakukan aksi teror di Kota Batu, Malang, Jawa Timur seorang diri atau lone wolf.

"HOK masih berusia 19 tahun. tersangka tersebut mendapatkan atau memiliki ghirah ya, mendapatkan, ghirah itu kira-kira semangat untuk melakukan serangan seperti ini itu secara sendiri ya," kata Juru Bicara Densus 88 Antiteror Polri, Kombes Aswin Siregar dalam keterangannya, Sabtu (3/8/2024).

Adapun keinginannya sudah bulat melakukan penyerangan atau aksi bom bunuh diri ini karena sudah terpapar propaganda dari jaringan Daulah Islamiyah dan berbaiat ke ISIS.

Selain itu, dia juga mendapatkan informasi-informasi soal teror dari media sosial.

"Sehingga muncul perasaan ingin melakukan bom bunuh diri tersebut," ungkapnya.

Baca juga: Terduga Teroris di Batu Beli Bahan Peledak Pakai Uang Tabungan, Bom Dibuat di Rumah

Saat ini, Aswin mengatakan pihaknya masih melakukan pendalaman dan pengembangan lebih lanjut soal penangkapan HOK ini.

"Sampai sejauh ini kita masih mendalami dan terus mengembangkan bagaimana proses seorang remaja seperti HOK ini menjadi terpapar dan kemudian sampai ke tingkatan yang paling tertinggi menjadi pelaku tindak pidana terorisme," ucapnya.

Punya Bahan Peledak 'Mother of Satan'

Sebelumnya, Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap seorang pelajar berinisial HOK yang diduga merupakan teroris di Jalan Langsep, Batu, Malang, Jawa Timur.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan penangkapan itu dilakukan pada Rabu (31/7/2024).

"Pada hari Rabu tanggal 31 Juli 2024 pukul 19.15 WIB, telah diamankan satu tersangka yakni HOK di Jalan Langsep, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Malang, Jawa Timur," kata Trunoyudo kepada wartawan, Kamis (1/8/2024).

Trunoyudo mengatakan hasil pemeriksaan, HOK hendak melakukan penyerangan dengan bahan peledak.

"Tersangka berdasarkan hasil penyelidikan diketahui berencana melakukan aksi teror bom bunuh diri dengan menggunakan bahan peledak jenis TATP (Triaceton Triperoxide)" tuturnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini