News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Amran Optimistis RI Bisa Wujudkan Swasembada Pangan 3 Tahun ke Depan: Kita Lakukan yang Terbaik

Editor: Content Writer
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pelantikan pejabat eselon I Kementerian Pertanian (Kementan) di Gedung Kementan, Jakarta, Jumat (9/8/2025).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman optimistis Indonesia mampu mewujudkan swasembada pangan dalam waktu tiga tahun ke depan. Keyakinan itu didasari atas keberhasilan Indonesia dalam mencapai swasembada pangan, khususnya beras pada 2017-2019.

"Yakin mimpi besar, visi besar Bapak Presiden (Joko Widodo), mimpi besar kita terwujud ke depan. Kami yakin tidak lebih dari tiga tahun," ujarnya pada saat pelantikan pejabat eselon I Kementerian Pertanian (Kementan) di Gedung Kementan, Jakarta, pada Jumat (9/8/2024).

Baca juga: Temui TH Group Vietnam, Amran Bahas Kerja Sama Tingkatkan Produktivitas Sapi Perah dan Pedaging

Ia menyebut, mewujudkan mimpi besar tersebut merupakan suatu pekerjaan dan tanggung jawab yang besar, sehingga bukanlah hal yang ringan. Meski begitu, ia yakin bahwa swasembada pangan akan dapat terwujud dengan kerja keras dan kolaborasi di antara semua pihak terkait.

Baca juga: Diskusi Bareng Amran, Bamsoet: Makan Bergizi untuk Mensejahterakan Rakyat, Meningkatkan Pendidikan

"Paling lambat tiga tahun mimpi besar kami jadi kenyataan. Paling penting kita kolaborasi, kita sinergi, InsyaAllah mimpi kita akan menjadi kenyataan," imbuhnya.

Amran pun mengingatkan seluruh jajarannya agar selalu melakukan yang terbaik, mengingat besarnya tantangan yang harus dihadapi saat ini, mulai dari perubahan iklim hingga El Nino. 

"Kita lakukan yang terbaik. Saat ini tantangan luar biasa ada climate change, El Nino dan krisis pangan dunia," ujarnya.

"Sudah ada negara yang kelaparan, kita harus berjuang, kita gandengan tangan, kita harus kelola punya kita sendiri untuk mencapai swasembada pangan ke depan," tegas Amran. (***Niz***)

Baca juga: Ingatkan Sudah Ada Negara di Dunia yang Kelaparan, Amran: Kita Harus Kelola Pangan Sendiri

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini