News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

HUT Kemerdekaan RI

Serba-serbi HUT ke-79 RI di IKN: Berbagai Transportasi Disiapkan, Megawati-SBY Dipesankan Hotel

Penulis: Rifqah
Editor: Nuryanti
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Persiapan 17 Agustus 2024 di IKN Nusantara, Kalimantan Timur.- Inilah berbagai persiapan menjelang upacara peringatan HUT Ke-79 RI pada 17 Agustus mendatang di IKN, berbagai macam transportasi disediakan.

TRIBUNNEWS.COM - Upacara HUT ke-79 RI sebentar lagi akan dilaksanakan, tepatnya pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Upacara kali ini sedikit berbeda karena pelaksanaannya akan digelar di dua tempat, yakni di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim) dan di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Di IKN nanti, upacaranya akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), sedangkan di Jakarta bakal dipimpin oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin.

Lalu, apa sajakah persiapan yang sudah dilakukan untuk menyambut Hari Kemerdekaan RI ini, terutama di IKN?

Kemenhub Siapkan Berbagai Transportasi

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) diketahui menyiapkan berbagai transportasi untuk mendukung kelancaran acara di IKN itu.

Pasalnya, upacara di IKN nanti akan dihadiri oleh ribuan orang dari kalangan pemerintah, tamu VIP, hingga masyarakat umum.

Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati mengungkapkan, berbagai transportasi itu disiapkan mulai dari transportasi darat, laut, udara, dan kereta api.

"Sesuai dengan Keputusan Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia nomor 11 Tahun 2024 tentang Panitia Pelaksana Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2024, Kemenhub mendapat tugas untuk memberikan dukungan transportasi pada kegiatan HUT RI Ke-79 di IKN," ujarnya kepada Kompas.com, Jumat (9/8/2024).

Untuk transportasi darat, Kemenhub menyiapkan sebanyak 97 unit bus untuk menjemput para tamu undangan dari bandara atau hotel menuju lokasi upacara.

Kemudian, transpotasi lautnya disiapkan Kapal Penisi yang akan melayani perjalanan wisata di IKN.

Satu Kapal Penisi lagi juga akan disiapkan Kemenhub melalui penugasan milik PT Pelni (Persero) menggunakan skema kerja sama pembelian layanan (buy the service).

Baca juga: Megawati Pertimbangkan Hadir ke Upacara HUT RI di IKN

Lalu, transportasi udara, Kemenhub menyiapkan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan untuk menyambut peserta upacara di IKN.

Bandara SMAS ini juga akan digunakan untuk pendaratan pesawat Presiden Jokowi dan para tamu VIP.

"Di samping itu, Bandara SAMS Balikpapan dan APT Pranoto Samarinda akan diusulkan untuk peningkatan jam operasional bandara 24 jam selama kegiatan HUT RI berlangsung atau dua hari sebelum dan sesudah upacara," ungkap Adita.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini